Strategi Anti Fraud & Proses Eskalasi

Print Outline

Mengapa & Bagaimana Strategi Anti Fraud dan Proses Eskalasi Diterapkan di Bank/ Perusahaan

Deskripsi

Salah-satu resiko bisnis yang patut diantisipasi perusahaan adalah terjadinya fraud atau kecurangan. Kerentanan akan fraud dapat dialami oleh perusahaan manapun, walau kerap terjadi di perusahaan kecil. Perusahaan besar pada umumnya sudah memiliki manajemen anti-fraud, karena ketersediaan dana dan juga karyawan yang bisa melakukan fungsi pengawasan secara optimal. Namun, kerentanan ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Fraud adalah sebuah istilah yang artinya sebuah perbuatan kecurangan yang melanggar hukum (illegal-acts) yang dilakukan secara sengaja & sifatnya dapat merugikan pihak lain. Istilah keseharian adalah kecurangan diberi nama yang berlainan seperti pencurian, penyerobotan, pemerasan, penjiplakan langsung dan/atau tidak langsung merugikan pihak lain.

Dampak dari praktek-praktek tersebut sangat beragam, tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa ciri daripada fraud adalah adanya keuntungan yang tidak wajar dari para pelakunya, baik individu, kelompok atau organisasi/perusahaan, yang tentu saja di imbangi dengan adannya kerugian dari pihak lain.

Untuk mencegah terjadinya tindakan fraud harus dilakukan di setiap lini transaksi dan untuk itu setiap karyawan harus memahami potensi risiko munculnya tindakan fraud dan dampaknya bagi bank / perusahaan jika terjadi tindakan fraud serta mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi fraud, salah satunya adalah dengan menjalankan prosedur eskalasi.

Tujuan Pelatihan

Dengan mengikuti training ini peserta diharapkan dapat:

  1. Memahami definisi fraud.
  2. Mengetahui factor-factor pemicu tindakan fraud.
  3. Mengetahui dampak fraud.
  4. Melakukan tindakan pencegahan fraud.
  5. Memahami proses dan prosedur eskalasi

Outline Materi

1st day :

Strategi Anti Fraud

  1. Definisi Fraud
  2. Faktor-factor pemicu terjadinya Fraud
  3. Dampak Fraud
  4. Pencegahan Fraud
    • Mengapa & Bagaimana
    • Strategi Pencegahan
    • Penerapan di bank/ perusahaan
  5. Action Plan Jika terjadi Fraud

2nd day :

Proses Eskalasi

  1. Tujuan Eskalasi
  2. Kondisi / kriteria kapan eskalasi dilakukan
  3. Media Approval
  4. Prosedur Eskalasi

Output Peserta

  • Peserta memiliki awareness terkait potensi terjadinya tindakan fraud
  • Peserta lebih mengetahui dampak fraud
  • Peserta memiliki kemampuan untuk menentukan langkah jika telah terjadi tindakan fraud  untuk meminimalisir terjadinya dampak yang lebih luas
  • Peserta memahami prosedur & pentingnya proses eskalasi dilakukan

Facilitator

Luh Putu Puji Trisnawati, SE, M.Si

Beliau seorang praktisi perbankan selama 23 tahun dan terakhir bekerja sebagai Unit Operation Risk Manager di Bank Swasta Nasional. Saat ini disamping mengajar dikampus juga beliau mengajar profesional di sebuah lembaga pendidikan profesi. Beliau lulus sertifikasi sebagai trainer tersertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Topik yang dikuasai antara lain : KPI – Strategic Management – Leadership – Marketing – Finance dan lainnya.
Metoda yang beliau terapkan adalah: studi kasus – game yang menunjang teori – diskusi – sharing experience – dan lainnya sehingga membuat peserta sangat puas. Dalam workshop ini peserta akan mendapatkan terbaik dari yang terbaik.

Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to cs@valueconsulttraining.com

× Support Chat