Media Relations Dalam Isu & Krisis

JADWAL

LOKASI

HARGA

LATAR BELAKANG

Isu merupakan “kabar burung”, “celotehan”, kabar yang belum pasti; biasanya mengenai peristiwa yang di “gosipkan”, juga hal-hal yang negatif. Isu yang tidak cepat ditanggapi dengan benar dan sistematis dapat berkembang menjadi krisis, yang berimbas pada image atau citra organisasi atau korporasi. Salah satu contoh isu yang berkempanjangan sehingga melelahkan berlangsung ber-tahun-tahun berakhir secara ironis dengan pengumpulan koin untuk Prita Mulyasari, ketika dia menulis di-email pengalamannya memerikasakan kesehatan di suatu RS di kawasan Alam Sutra. Banyak isu yang menerpa selebritis yang sebagian memang benar adanya dan sebagian lagi adalah berita tidak benar, sekarang disebut “hoax”. Bagi Rumah Sakit dan institusi kesehatan, Asosiasi Profesi, ataupun Pengurus Yayasan pengelola Rumah Sakit ataupun instansi kesehatan lainnya:  isu atau complaint malaprktik sering diberitakan di media. Akibat berita demikian berdampak negatif pada Rumah Sakit / Instani Kesehatan yang diberitakan. Penyidikan adalah tanggung jawab kepolisian atas kebenaran isu, sementara itu isu yang berkenjutan berdampak KRISIS. Bila krisis terjadi lebih lama menjadikan lebih serious penanganan yang diperlukan, meskipun harus dapat diatasi. Aspek Risiko, Isu, dan kemungkinan terjadinya Krisis, dibahas dalam Workshop ini dengan tujuan mendapatkan penyelesaian (problem solving). Workshop ini siap juga membahas kasus yang mungkin masih perlu jalan keluarnya (mendapatkan resolution) bagi persoalan yang ingin mendapatkan penyelesaiannya yang dibawa oleh peserta.

Isu yang berimbas negatif menjadikan krisis harus ditangani oleh Divisi Komunikasi/Public Relations atau Kehumasan dantentu Direksi / Pucuk Pimpinann mengikuti kaedah ilmu Manajemen Isu dan Krisis. Komunikasi yang tidak lancar atau karena tidak adanya orang/manager yang bertanggung jawab menangani krisis, berakibat terpuruknya citra organisasi/korporasi. Isu dan krisis menjadi berita menarik bagi media; karena memang tugas jurnalis atau awak media memberitakan peristiwa yang “heboh”, peristiwa terkini; meskipun awak media mengikuti kaedah etika jurnalistik, mereka ditugaskan juga sebagai journalists investigative. Bagi insan kehumasan Media Relations menjadi pengetahuan fundamental, yang harus dapat dipraktekan secara apik.

Dalam workshop ini akan dipresentasikan dan didiskusikan studi kasus mengelola Media Relations dan Manajemen Isu & Krisis secara akademik, benar dan tuntas, serta sajian  studi kasusyang aktual.

Bonus Buku Edisi Terbaru “ Manajemen Krisis, Isu dan Risiko dalam Komunikasi”

MANFAAT

  1. Membangkitkan semangat mendalami Media Relations dan Manajemen Isu & Krisis
  2. Meningkatkan pemahaman peserta terhadap pentingnya Media Relations dan Manajemen Isu & Krisis
  3. Menyimak studi kasus sebagai pengalaman menangani Media Relations dan Manajemen Isu & Krisis
  4. Meningkatkan ilmu terapan bagi peserta pimpinan usaha dan peserta masyarakat umum
  5. Dapat diaplikasikan untuk Fakultas Kedokteran Masyarakat, Ilmu Komunikasi dan Ilmu   Psikologi  serta Fakultas Bisnis Manajemen
  6. Kajian dan permulaan/pengembangan untuk penelitian ilmiah  mahasiswa senior juga bagi dosen

Metodologi

  • Presentasi dengan Power Point dan Video
  • Diskusi interaktif
  • Penyampaian akademik namun humoristis (meskipun dalam krisis, manajemen tidak harus stres)

Bonus Buku Lainnya: ”Manajemen Stres agar TidakStres” Terbitan paling baru memberikan acuan yang mudah diikuti agar TidakStres. Disusun berdasarkan pengalamann lebih dari 70 tahun ”hidup Tidak Mau Stres”

Nara Sumber :

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si, pelaku manajemen bisnis dan praktisi di berbagai industri, dengan pengalaman kerja 36 (tigapuluh enam tahun) dalam Manajemen Isu & Krisis. Lead Trainer Value Consul  dan berbagai Training Agency; sebagai pembawa makalah dengan presentasi dan diskusi ilmiah di berbagai instansi dan kampus.

Form Registrasi

* Required information.

Topik

Tanggal
Tipe
Nama*
Job Title
Perusahaan

Alamat Perusahaan

Email*
Telepon Mobile*
Telepon/Ext
Pilihan Gift Training *Tergantung ketersediaan stock TasVoucher MatahariVoucher CarrefourVoucher MAP
Fax
Pesan
Close Menu