Strategi Pembentukan Opini Publik

JADWAL

LOKASI

HARGA

Pemahaman secara komprehensif Opini Publik yang bertumpu pada ilmu Public Relations sangat penting dikuasai bagi manajer/kader/pimpinan. Opini Publik atau Public Opinion merupakan fenomena dalam kehidupan sosial dan politik dan dalam dua dekade terakhir menjadi sorotan pinting di Indonesia.

Opini Publik dapat diarahkan dan dibentuk melalui strategi yang matang. Pembentukan opini publik berdasarkan ilmu public relations mengemban 3 (tiga) fungsi: (1) mengabdi kepada kepentingan umum, (2) melalui komunikasi terarah dan (3) memperhatikan moral dan tingkah laku yang baik. Pembentukan opini publik merupakan dasar pemikiran pelaksanaan kampanye. Tema kampanye public relations ditentukan oleh konseptor, sedang penyebaran gagasan dilaksakan oleh komunikator.

Penyusunan sragegi yang menjadi pokok bahasan adalah strategi komunikasi yang dapat dipelajari dan harus dikukuhkan bagi setiap karyawan, kader dan pimpinan.. Dengan strategi yang tepat hasil yang berupa “outcome” lebih baik bisa diharapkan. Yang diperlukan dalam kita berkomunikasi bukanlah sekedar “output” namun lebih penting adalah efektivitas “outcome”. Strategi menjabarkan struktur dan teknik berkomunikasi sekaligus menjelaskan program-program komunikasi internal dan eksternal yang perlu diketahui oleh atasan dan bawahan. Maka setiap peserta pelatihan ini akan diberikan pandangan praktis mengenai “Communication Leadership”. Jika “leadership” dimengerti dengan jelas maka komunikasi tidak salah dimengerti, tidak terjadi “miss-communication”. Jika ini dapat dipahami maka kelancaran tugas-tugas pekerjaan dapat berjalan dengan lebih efektif; namun, ada kalanya perusahaan/institusi perlu berbenah dalam mentransformasi budaya komunikasi internal dan eksternal agar tercapainya visi dan misi organisasi/institusi atau pun partai. Maka pelatihan ini juga meliput “transformasi budaya” melalui komunikasi internal yang efektif.

Outline Pelatihan

  1. Pengertian, Karekteristik, Fungsi dan Peran Opini Publik
  2. Dinamika Opini Publik
  3. Proses terjadinya Opini
  4. Pengaruh Kelompok dan Pemimpin Opini
  5. Komunikator Terpercaya dan Penyampaian Pesan yang Efektif
  6. Penyampaian Opini melalui Etika Public Relations
  7. Media Relations dan Pembinaan Opini Publik
  8. Realitas Media dan Pencitraan Institusi
  9. Media Massa dan Metode Peruasif
  10. Opini Publik, Efek dan Pesan Komunikasi Politik
  11. Merayu  melalui Retorika, Propaganda atau Kampanye Politik?
  12. Pengukuran Opini Publik

Facilitator

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si.: meraih Magister Ilmu Komunikasi cum laude dari  Sekolah Pasca Sarjana Sahid. Berkarya di berbagai perusahaan Multi National dan Nasional ternama. Memperoleh pelatihan di berbagai negara. Sejak 1992 menjadi pengajar dan trainer. Telah membaktikan diri untuk beberapa Kementerian, organisasi dan perusahaan BUMN maupun swasta dalam bidang ilmu komunikasi, pembentukan strategi citra serta manajemen issue dan krisis dalam pemantapan ilmu komunikasi praktis.

Form Registrasi

* Required information.

Topik

Tanggal
Tipe
Nama*
Job Title
Perusahaan

Alamat Perusahaan

Email*
Telepon Mobile*
Telepon/Ext
Pilihan Gift Training *Tergantung ketersediaan stock TasVoucher MatahariVoucher CarrefourVoucher MAP
Fax
Pesan
Close Menu