Category Archives: Corporate Communication Training

Strategic Public Relations

Pendahuluan

Di kalangan pembisnis dan pengusaha di Indonesia, Public Rerlations  masih salah dipersepsi bahwa kegiatan Public Relations merupakan sekedar “pemadam kebakaran” bila terjadi krisis di perusahaan dan mengaggap ilmu dan profesi Public Relations di luar manajemen serta sekedar tambahan dalam memajukan marketing sebagai usaha persuasi dan penampilan yang apik bagi organisasi perusahaan.

Optimalisasi Cyber Public Relations

Konsekuensi penggunaan web dalam perusahaan tidak berhenti hanya pada penyampaian informasi kepada publik saja, tetapi pada akhirnya memunculkan konsep-konsep baru dalam aplikasinya. Yang paling populer dan menjadi euforia pada tahun 2006 adalah munculnya istilah e-PR (electronic Public Relations) atau kemudian juga disebut sebagai cyber PR.  Sejalan dengan perkembangan website dan situs jejaring social (facebook, twitter dan lainnya) yang difasilitasi Internet, inovasi kegiatan Public Relations mutlak di perlukan. Beragam alat dan teknologi yang berkembang sekarang ini, pada intinya memang dibutuhkan Public Relation agar apa yang mereka buat menjadi lebih efisien dan efektif. Lalu bagaimana kegiatan ini harus dilakukan?

Best Practice : Corporate Event Management

Corporate Event merupakan sebuah program yang dilakukan suatu perusahaan secara terencana untuk suatu tujuan, baik untuk tujuan promosi, peringatan, penghargaan dan lainnya. Namun berbeda dengan kegiatan yang spontan, Corporate Event dilakukan berdasarkan rencana yang telah disusun sebelumnya dan sesuai dengan visi misi korporat. Untuk menghasilkan suatu event korporat yang berhasil, dibutuhkan manajemen event yang baik.

VIP Etiquette

Pegantar

Apakah Anda pernah merasa tidak yakin diri dalam situasi sosial? Apakah Anda prihatin tentang bagaimana untuk menangani orang, bagaimana dengan make-up anda atau bagaimana untuk bersulang dan masih banyak lagi hal penting yang akan kita pelajari dalam waktu dekat ini? Dimana untuk kursi VIP, minyak wangi apa yang harus digunakan atau bahkan garpu mana yang harus digunakan?

Transformasi Budaya Perusahaan Menuju Keberhasil Berbisnis Secara Etis

Sudahkah perusahaan dimana anda menyumbangkan tenaga dan pikiran berbisnis secara etis? Bagaimana berbisnis secara etis seharusnya dijalankan? Dari dasar pemahaman filosofis apakah etika dan apakah moral, kita akan mempelajari dan mendalami dasar-dasar beretika dalam berusaha mengejar keuntungan dan membaktikan jasa serta produk pabrik kita bagi kelangsungan dan pengembangan ekonomi. Beberapa kasus sukses  (success stories) dan kegagalan perusahaan karena berbisnis secara etis atau tidak etis akan didiskusikan. Ditarik manfaat agar berbisnis itu mengikuti landasan amar ma’ruf nahi mungkar. Setelah mendalami secara filosofis arti etika dan moral, diberikan petunjuk sederhana: berbisnis secara etis mengikuti anjuran Good Corporate Governance sehingga lebih tepat dan lebih mudah menyusun Business Strategic Planning.

Teknik Dan Skill Mengelola Corporate Identity

Identitas perusahaan merupakan manivestasi aktual dan realita perusahaan seperti yang disampaikan melalui nama, logo, moto, produk, layanan, gedung, seragam dan lainnya yang ciptakan perusahaan dan dikomunikasikan pada beragam konstituen. Dari komunikasi yang disampaikan, stakeholder perusahaan membentuk persepsi berdasarkan pesan-pesan yang perusahaan kirimkan dalam bentuk nyata. Jika citra-citra ini akurat mencerminkan realita perusahaan, maka dapat dikatakan program komunikasi identitas perusahaan tersebut berhasil. Sebaliknya, jika tidak berhasil maka penting bagi perusahaan untuk melakukan modifikasi.

Speaking & Writing Basic Skills Training for PR Executives

Public Relations (PR) Officer atau pekerjaan sejenis lainnya jelas memiliki fungsi yang sangat strategis bagi suatu perusahaan. Untuk menjadi PR Officer yang baik, tentu dibutuhkan kemampaun dan keterampilan komunikasi yang baik pula. Paling tidak, keterampilan komunikasi dalam berbicara (speaking) dan menulis (writing) menjadi tuntutan mutlak yang harus dikuasai seorang PR Officer. Apalagi di tengah kompetisi pasar yang ketat seperti sekarang dan di masa datang, tentu keterampilan speaking & writing harus terus ditingkatkan.

Revitalizing the Quality Culture

Dunia bisnis saat ini sedang dipengaruhi oleh “badai” krisis ekonomi dan keuangan.  Banyak perusahaan yang tidak dapat bertahan dalam situasi krisis tersebut sehingga terjadi moratorium perusahaan yang bersifat massal. Akibatnya pertumbuhan ekonomi negara terganggu. Hal ini juga dialami oleh Indonesia walaupun dampak yang dirasakan tidak terlalu besar seperti di Amerika, Eropa, Jepang dan negara-negara lainnya.

Public Trust : Strategi Komunikasi Menangkan Pasar

Berikut ini kutipan berita dari Tribune News.Com

Tetap menjaga kepercayaan publik (public trust) merupakan segalanya bagi korporasi untuk memenangkan pasar pada tingkat persaingan bisnis yang kian ketat. Penetapan strategi komunikasi sangat menentukan berhasil atau tidaknya strategi perusahaan.

Public Speaking Training

Tujuan

Setelah mengikuti Pelatihan Public Speaking Training ini, peserta diharapkan memiliki pengetahuan untuk:

  1. Menyampaikan kepada peserta manfaat penguasaan Public Speaking
  2. Menggunakan keahlian Public Speaking untuk mencapai tujuan
  3. Menggunakan Public Speaking sebagai sarana aktualisasi diri
  4. Jembatan untuk menggali potensi diri
  5. Menyampaikan kepada peserta kiat-kiat yang dapat secara praktis dilakukan
  6. Mengenali dan mengatasi kendala lapangan
  7. Mengenali dan mengatasi kendala teknis