Pembekalan Kewirausahaan Masa Persiapan Pensiun (MPP)

JADWAL

LOKASI

HARGA

Program persiapan pensiun adalah program kesejahteraan karyawan yang seyogyanya disiapkan oleh perusahaan untuk karyawan yang memenuhi masa purnabaktinya. Program pensiun yang dipersiapkan dengan baik sebetulnya tidak hanya membawa keuntungan bagi karyawan yang bersangkutan, tapi tentunya memberi dampak bagi perusahaan.

Sehingga perusahaan sebaiknya melakukan program persiapan pensiun tidak sekedar dalam rangka memenuhi aturan UU ketenagakerjaan, namun juga untuk memberikan jaminan kepada seluruh tenaga kerja produktifnya untuk tetap loyal kepada perusahaan.

Pelatihan persiapan pensiun idealnya diberikan kepada calon karyawan pensiun dalam jangka waktu lebih dari 2 tahun sebelum masa pensiun. Sebagai awal memasuki masa persiapan, karyawan diberikan mental switching. Dari yang awalnya sejahtera dengan bekerja rutin menjadi tetap sejahtera dan tetap kaya tanpa bekerja rutin dengan mengubah pola pikir sukses. Selain itu, dalam pelatihan persiapan pensiun juga akan diberi pembekalan mengenai manajemen kesehatan mental & fisik yang diadopsi dari negara-negara maju.

Riset telah menunjukkan usia produktif di negara maju lebih lama dibandingkan negara berkembang. Dengan pendekatan Ilmu psikologi terapan manajemen kesehatan mental dan fisik diberikan secara holistik. Namun pelatihan persiapan pensiun tidak bisa dilakukan hanya sebagai pelatihan yang bersifat menggugah motivasi sesaat, namun peserta sebaiknya memahami karakter dan kekuatannya untuk kemudian menyiapkan bisnis yang sesuai dengan keahlian mereka. Pada fase ini, peserta sudah mulai memiliki dasar dalam membuat kelayakan usaha (feasibility study) dan tentunya melek secara finansial.

TUJUAN PELATIHAN :

  • Peserta tidak gamang dan siap dalam menghadapi kehidupan masa purnabaktinya secara mental dan spiritual.
  • Peserta mampu menggeser perubahan cara berpikir (mindset).
  • Peserta dapat belajar & memahami bagaimana cara membuat bisnis step by step.
  • Peserta dapat membuat bisnis sesuai dengan keinginannya masing-masing.
  • Peserta dapat mengelola uang pesangon yang diterimanya dengan bijak.

OUTLINE :

  1. Perubahan sikap dan pola pikir (mental switching)
  2. Menyikapi diri agar tidak trauma terhadap kegagalan (post power syndrome)
  3. Membentuk percaya diri dan berani menghadapi masa depan
  4. Kompetensi pribadi dan potret diri
  5. Berani bertindak dan mengambil keputusan dengan pertimbangan resiko
  6. Membentuk kesadaran untuk memimpin dan mau di pimpin 
  7. Manajemen Kesehatan Fisik & Mental
  8. Membentuk orientasi pada tanggung jawab kehidupan
  9. Menciptakan persepsi asas manfaat dalam tugas kehidupan

FACILITATOR

Divdeni Syafri

Berlatar belakang pendidikan di FISIP – Universitas Padjajdjaran Bandung, mengawali karir di perbankan. Hampir 20 tahun pengalaman kerja di PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk dengan memulai karir  sebagai: agent call center 24 jam selama 2 tahun, menangani informasi produk danamon berbagai keluhan nasabah, kemudian diangkat sebagai Manager Customer Care Center selama 8 tahun, menangani keluhan nasabah yang dimuat di media cetak, email, telepon, website, walk in customer dan mediasi perbankan yang melibatkan Bank Indonesia. Menjadi salah satu PIC yang tercatat di Bank Indonesia yang melaporkan keluhan nasabah khususnya keluhan financial sekaligus menjadi PIC untuk mediasi perbankan antara nasabah, Bank Danamon dan Bank Indonesia.

Pengalaman selama 3 tahun menjadi Project Manager untuk Retail Banking Sales Development Program, membuat modul untuk Sales/marketing Bank Danamon seluruh Indonesia, kemudian mengajarkan kepada mereka dari Product knowledge, Skills,  Karakter/ Attitude sampai kepada Profesional Grooming sebagai seorang Bankers.

Pengalaman selama 2 tahun menjadi Project Manager Retail Banking Network Support untuk perubahan system baru di Bank Danamon di tahun 2010 yaitu Winning Branch Model yang melibatkan para Pimpinan Cabang/ Branch Manager seluruh Indonesia.

Pengalaman selama 5 tahun menjadi Senior Manager di Consumer Service Quality, membuat modul Service Excellence dan mengajarkan kepada semua karyawan di Bank Danamon, mulai dari Security, Teller, Customer Service, Marketing/ Sales Officer sampai kepada Branch Manager. Membuat program program antara lain : Branch Service Competition, E-Channel Competition, Service Coach for Leader dll.

Setelah 20 tahun di Bank Danamon, melanjutkan karir sebagai Director Learning & Development di PT. Global Top Career. Tugas saya mengembangkan dan memperbaharui modul yang disesuaikan dengan permintaan klien, kemudian mempromosikan PT. Global Top Career ke berbagai perusahaan. Adapun klien yang pernah kita bantu adalah : Bank BNI 46 (konvensional dan syariah), Bank BRI (konvensional dan syariah), Bank Niaga, Bank Panin, PT. Garuda Indonesia, PT. Permata Indonesia, dll.

Setelah itu melanjutkan karir lagi sebagai Associate Trainer di beberapa Consultant Training diantaranya :PT. Value Consult, Global Top Career, PT. Trisa Mandiri Sejahtera

Reward yang pernah saya dapatkan adalah :

  • The Best Trainer & Facilitator from Danamon Corporate University
  • The Best Curriculum Instructional System Design from Corporate University Xchange
  • The Best Curriculum Development from corporate University Xchange

Form Registrasi

* Required information.

Topik

Tanggal
Tipe
Nama*
Job Title
Perusahaan

Alamat Perusahaan

Email*
Telepon Mobile*
Telepon/Ext
Pilihan Gift Training *Tergantung ketersediaan stock TasVoucher MatahariVoucher CarrefourVoucher MAP
Fax
Pesan
Close Menu