Category Archives: Human Resource Training

Asessment for Creating Best Talent

Di dalam era globalisasi, hampir semua pimpinan menginginkan agar organisasi yang dipimpinnya sukses. Sudah banyak upaya yang dilakukan mulai dari penyempurnaan strategi, organisasi, kebijakan program dan lainnya. Namun dibalik itu, banyak dari mereka yang melupakan pentingnya keberadaan sumber daya manusia yang memiliki loyalitas dan kompeten. Untuk memperoleh tenaga yang profesional dibutuhkan suatu sistem asesmen yang memadai berdasarkan prinsip-prinsip best practice.

Program Persiapan Pensiun

Menurut hemat Value Consult, Program Persiapan Pensiun yang ada saat ini memberikan penekanan yang terlalu banyak pada aspek teknis kewirausahaan padahal kebanyakan peserta tidak akan menjalankan kewirausahaan.  Bahkan karena penekanan yang kurang pada mengembangkan pertimbangan yang komprehensif mengenai kewirausahaan maka pendekatan tersebut bisa ‘membahayakan’: mendorong peserta berwirausaha padahal mereka tidak siap.

Mengelola Serikat Pekerja

Mengelola Serikat Pekerja Menjadi Mitra Yang Meningkatkan Produktifitas Dan Pemberdayaan Potensi Perusahaan

Saat ini karena kebutuhan internal maupun adanya ketentuan eksternal yang  memungkinkan dibentuknya Serikat Pekerja, maka perlu dipahami bahwa Serikat Pekerja bagaimana pun tetap menjadi bagian dari suatu perusahaan.  Kenyataan Serikat Pekerja dipandang sebagai sesuatu yang akan merugikan perusahaan lebih banyak dibandingan dengan pandangan bahwa Serikat Pekerja akan menguntungkan perusahaan, padahal kunci utama merugikan atau menguntungkan terletak pada “bagaimana” Serikat Pekerja dikelola sebagai bagian yangg dapat meningkatkan produktifitas, kesejahteraan karyawan dan perusahaan, dan pemberdayaan potensi perusahaan. Dengan kata lain, Serikat Pekerja dapat dikelola tidak hanya bagi kepentingan pekerja juga bagi kepentingan perusahaan yang lebih besar. Hubungan saling menguntungan dan Harmonis menjadi misi workshop ini.

Writing Accurate Job Description

Saat ini praktek manajemen SDM di Perusahaan semakin dituntut untuk lebih responsif dalam menjawab berbagai tantangan yang ada. Manajemen kompetensi, pemilihan kandidat yang tepat, analisis kebutuhan pelatihan, manajemen kinerja, sampai dengan pembuatan struktur gaji yang memperhatikan internal equity merupakan program-program utama yang dapat menentukan efektivitas pengelolaan SDM di suatu Perusahaan.

Workload Analysis

Pertanyaan yang sering muncul ketika suatu perusahaan terhimpit kerugian atau berusaha memperkuat kemampuan bersaingnya adalah bagaimana cara mengefisienkan perusahaan. apakah jumlah SDM/karyawan yang ada sekarang ini berlebih, kurang atau sudah optimum dengan kebutuhan perusahaan, dan bagaimana cara mengetahui atau mengukur hal-hal tersebut?

Transforming HR Mindset

Peranan Human resources seharusnya dijadikan sesuatu yang penting apabila perusahaan berkeyakinan bahwa sumber daya manusia merupakan asset bagi perusahaan,namun masih banyak hal tsb hanya sebatas retorika ,wawasan ,tidak terimplementasikan.

The World Class’s Human Resource Management

Pada saat ini dunia sedang berada dalam suasana ketidakpastian akibat dari krisis ekonomi dan keuangan yang berkepanjangan. Kita mengetahui dampak krisis tersebut sudah menerpa Eropa, terutama Yunani. Dan sebentar lagi akan menghentak Spanyol dan Itali.

Strategic Planning

Objectives

Melalui pelatihan Strategic Planning ini diharapkan:

  • Managers know the big picture on the running business unit.
  • Managers understand all aspect on business functions across finance, operation, marketing, learning/growth and customer.
  • Managers can align with other dept and creating internal value chain
  • Managers can improve its department performance by executing project improvement plan

Strategic Human Resource Management

Pada saat ini dunia sedang berada dalam suasana ketidakpastian akibat dari krisis ekonomi dan keuangan yang berkepanjangan. Dari pengalaman para ahli manajemen, krisis hanya bisa diatasi apabila suatu negara, termasuk organisasi lainnya, seperti perusahaan, NGO dan sebagainya hanya bisa survive apabila memiliki SDM yang berkualitas. Sehingga mereka berpandangan bahwa satu-satunya cara yang efektif adalah membangun manusianya terlebih dahulu baru strategi dan lainnya.

Smart Interview

“The right man in the right place”  berarti menerima dan menempatkan orang pada posisi, fungsi dan tanggung jawab yang tepat. Awal dari proses ini adalah melaksanakan proses wawancara kepada calon karyawan atau  karyawan yang dipromosikan pada jabatan tertentu. Kesalahan dalam hal seleksi akan berakibat di masa depan.  Bagaimana cara melakukan wawancara secara efektif yang meliputi semua aspek diberikan dalam pelatihan ini.