Teknik Analisis Data Laboratorium

JADWAL

LOKASI

HARGA

Pelatihan ini dimaksudkan untuk member pembekalan & pemahaman tentang teknik pengolahan data pada kegiatan/ pekerjaan di Laboratorium (pengujian, pengukuran & kalibrasi).

Pesertaakan mengerti tentang apa saja dan bagaimana teknik olah data (analisa data) terhadap hasil uji/ hasil ukur/ hasil kalibrasi yang dilakukan oleh Laboratorium, meliputi : identifikasi & verifikasi data sekunder, penentuan data sample, seleksi data (ujidixon, uji grubbs, dll), uji variasi data (ujipresisi, ujibarlet, uji F), uji nilai sentral data (uji Z, uji T), evaluasi kelompok data (perhitungan Korelasi, perhitungan Regresi Linier, ANOVA, trend hasil QC), dan uji data kwalitatif (ujichi square, dll).

Topik Bahasan :

  1. Klasifikasi Data & beberapa Definisi dalam Statistika.
  2. Prinsip Umum dalam Pengumpulan Data:
    • Data Sampling,
    • Data Repeatability (r),
    • Data Reproducability (R).
  3. Analisa untuk Data Sekunder Laboratorium.
  4. Teknik-teknik menyeleksi Data:
    • Extreme value & Outliezr Data,
    • Uji Dixon,
    • Uji grubbs.
  5. Pengujian hipotesa antar Data – termasuk Verifikasi & Validasi Metoda):
    • Uji variasi data (uji presisi, uji barlet, uji F),
    • Uji nilai sentral data (uji Z, uji T).
  6. Evaluasi kelompok data:
    • Perhitungan Korelasi,
    • Perhitungan Regresi Linier,
  7. Analisa data kualitatif:
    • Uji chocran,
    • Uji chi square.
  8. Analisa data validasi kimia dan mikrobiologi
  9. Statistik proses kontrol

Metoda :

  1. Presentasi & Tanya jawab,
  2. Pembahasan Studi Kasus,
  3. Latihan simulasi.

Facilitator

Encep Heryani, M.Si

Encep Heryani adalah lulusan dari Universitas Pakuan Bogor Jurusan biologi dan AKTA IV Jakarta dan menyandang gelar terakhir Magister Sains (M.Si). Berangkat karir dari bawah mulai tahun 1986 sebagai analis mikrobilogi selama 17 tahun di perusahaan baby milk formula yang ada di Citeureup Bogor, kemudian bekerja di perusahaan susu infant formula lisensi Jepang menjabat Supervisor Quality Assurance selama 3 tahun dan lanjut memimpin Quality selama 8 tahun dan terakhir Memimpin Produksi di perusahaan makanan kesehatan untuk orang diabet sampai tahun 2018.

Di Perusahaanya menjadi karyawan teladan dan fasilitator terbaik continuos improvement, meraih prestasi terbaik dalam kontes practical problem solving, the best trainer and author education and training. Dan sebagai anggota PERMI (Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia)

Encep Heryani, dari tahun 1986 sampai dengan sekarang adalah sebagai praktisi di perusahaan, hampir 100 training pernah diikuti baik training dalam negeri maupun di luar negeri (Singapura dan Japan), sebagai Auditor TPM Autonomous Maintenance juga Auditor 5S/5R, SJH, GM5P, ISO 9001 dan 22000, SMK3 dll. Sebagai Trainer dari tahun 2015 dengan materi Trainer  kurang lebih 41 judul yang berkaitan dengan Pengendalian dan pengawasan Mutu Pangan, Analisis data Lab, Pengendalian dan persyaratan dokumen, Penanganan limbah, Validasi, Safety/K3 laboratorium, TPM, Halal, analisis mikrobiologi, kaizen, dll.

Form Registrasi

* Required information.

Topik

Tanggal
Tipe
Nama*
Job Title
Perusahaan

Alamat Perusahaan

Email*
Telepon Mobile*
Telepon/Ext
Pilihan Gift Training *Tergantung ketersediaan stock TasVoucher MatahariVoucher CarrefourVoucher MAP
Fax
Pesan
Close Menu