Effective Communications For Hospital Accreditation

JADWAL

06-08 Jun 2018
11-13 Jul 2018

LOKASI

Jakarta

HARGA

Rp 4.150.000 - Group
Rp 4.350.000 - Early Bird
Rp 4.850.000 - On The Spot
Rp 5.225.000 - Full Fare

Komunikasi antara petugas layanan kesehatan dengan pasien merupakan salah satu kunci keberhasilan perubahan paradigma layanan kesehatan yang berfokus pada pasien sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan tanggal 01 Maret 2012.

Pasien Safety atau keselamatan pasien menjadi standar utama yang harus segera dilaksanakan di Rumah Sakit dan akan dinilai menggunakan instrument akreditasi.

Fakta dilapangan banyak  kita temukan para petugas kesehatan merasa kurang komunikatif saat berhadapan dengan pasien dengan berbagai macam alasan seperti waktu yang sempit, pemahaman kesehatan pasien, sampai dengan kesulitan menyeseuaikan karakter komunikasi pribadi sehingga berakibat minimnya keterangan yang di peroleh untuk digunakan dalam diagnose dan perencanaan tindak lanjut. Sementara disisi yang lain masih dijumpai persepsi bahwa semua pasien itu sama padahal kenyataan setiap pasien memiliki karakter komunikasi yang berbeda-beda sehingga petugas dituntut untuk mampu mengenali karakter ini dalam rangka komunikasi yang lebih efektif. 

Standar patient safety menyebutkan ada 7 standar keselamatan yang harus di terapkan rumah sakit, salah satunya adalah “komunikasi” merupakan   kunci bagi staff untuk mencapai keselamatan pasien. Atas dasar inilah cara berkomunikasi yang baik bagi para staff di rumah sakit, merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai petugas rumah sakit di setiap bagian.

Mengantisipasi tuntutan tersebut kami VALUE CONSULT TRAINING menawarkan program pelatihan Komunikasi Efektif untuk Petugas Rumah Sakit yang di kemas populer sehingga mudah di implementasikan untuk menjembatani pengetahuan Medis dan pemahamam masyarakat awam terkait kesehatan dan penyakit sehingga target Pasien Safety akan lebih mudah di capai.

Tujuan Pelatihan

Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan sekaligus edukasi pentingnya komunikasi yang efektif kepada seluruh petugas kesehatan di rumah sakit, sehingga setelah menyelesaikan program ini peserta di harapkan mampu:

  1. Memahami kebijakan & pedoman pemberian edukasi.
  2. Mengenali karakter dasar komunikasi diri sendiri serta kecenderungannya dalam berkomunikasi
  3. Mengenali karakter komunikasi pasien dan keluarganya untuk memberikan edukasi kesehatan secara efektif.
  4. Mengajak pasien dan keluarganya untuk berpartisipasi dalam memberikan keputusan perawatan dan proses penyembuhan.
  5. Mencetak para petugas rumah sakit agar mampu menjadi health educator
  6. Berkomunikasi dengan DPJP secara lebih efektif, tepat waktu, akurat, lengkap, jelas dan dapat di pahami.

Outline Materi

  1. Pengantar Standar akreditasi RS 2012 SKP.2/JCI IPSG.2 Terkait dengan syarat agar rumah sakit menyusun cara komunikasi yang efektif, tepat waktu, akurat, lengkap, jelas, dan dapat dipahami penerima.
  2. Berbagai kesalahan yang kerap kali muncul karena kurangnya menerapkan komunikasi efektif di rumah sakit.
  3. Wawasan tentang karakter komunikasi pasien Merah, Kuning, Hijau, Biru (bagaimana pasien memproses informasi)
  4. Tehnik komunikasi yang efektif dengan pasien sesuai dengan karakternya (MKHB)
  5. Sukses menjadi health educator di rumah sakit.
  6. Komunikasi efektif berdasarkan kerangka SBAR (Situation, Background, Assessment, Recommendation) 
  7. Komunikasi dengan pengunjung dan masyarakat sekitar menggunakan media yang ada di Rumah Sakit

Peserta

Program ini sangat di rekomendasikan untuk

  • Kepala Bagian Diklat
  • Kepala Instalasi
  • Kepala  Ruang dan tenaga fungsional kesehatan
  • Dokter, Perawat, Customer Service, Registrasi, Penata laboratorium, psikolog, therapist, ahli gizi, farmasist dan radiografer

Metode Pelatihan

Menggunakan metode interaktif TSD (Tell – Show – Do) dimana peserta akan diberikan penjelasan (lecturing), memberi contoh atas materi yang di jelaskan selanjutnya peserta secara perorangan maupun kelompok diminta untuk melakukan latihan dan mempraktekkan ketrampilan yang telah di ajarkan antara lain :

  • Mengenali ciri – ciri karakter komunikasi
  • Mengenali karakter komunikasi Pasien dan keluarganya
  • Melakukan adaptasi untuk komunikasi yang efektif
  • Presentasi sebagai health edukator
  • Role Play

Facilitator

Anwar Haliyanto, MM

Anwar Haliyanto, MM,  salah satu lulusan terbaik dari Prasetya Mulya Business School dengan menyandang Magister Management, yang banyak mempelajari dan mendalami kebijakan strategis perusahaan dalam usahanya untuk terus bertumbuh melalui sumberdaya manusia yang lebih unggul, membuat Anwar banyak terlibat dalam pengembangan sumber daya manusia. Anwar Haliyanto juga alumni Henley University London dibidang management keuangan Perusahaan Kesehatan dan Farmasi, Anwar Haliyanto juga sudah menyelesaikan International Management Program dalam Diabetes Disease Management di Darmstad Germany, Woman’s Health Care Seoul dan Fresenius Advance Nutrition Course Hong Kong.

Anwar Haliyanto pernah menjabat sebagai Manager yang bertanggung jawab mengani program pemeriksaan Kadar Gula Darah Sewaktu untuk 1 juta orang di seluruh wilayah Indonesia bersama Kementrian Kesehatan, PERKENI, DEG Germany dan PT. Merck Indonesia yang melibatkan 50 dokter spesialis, 500 dokter umum, 1,000 perawat dan 1,000,000 subjek.

Posisi  terakhir nya sebagai Direktur Marketing di salah satu perusahaan Farmasi Multinasional memberikan banyak pengalaman dalam menyususn strategy maupun implementasi dalam mencapai target perusahaan, ditambah lagi pengalaman di lapangan sebagai Sales Manager, Produk Manager dan Marketing Manager, membuat Anwar Haliyanto mampu berkomunikasi kepada semua lapisan di dalam perusahaan.

Sejak TH 2010 Anwar Haliyanto, MM memutuskan untuk memulai karirnya sebagai Independent Coach dan trainer, dengan banyak memberikan pelatihan komunikasi efektif di Rumah sakit, Apotek, Klinik serta layanan kesehatan yang lainnya.

Sebagai PEMERHATI FARMASI dan LAYANAN KESEHATAN Anwar Haliyanto banyak memberikan kontribusi melalui Seminar Membangun Klinik Dokter Umum di Jakarta, Gathering Apotek di Medan, Pk Baru, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogya, Surabaya, Malang, Bali dan Makssar, Gathering Perawat di JABODETABEK.

Sampai saat ini sudah lebih dari 20 Program Training yang dirancang dan di berikan terkait Layanan Kesehatan dan Farmasi termasuk diantaranya : Komunikasi efektif PERAWAT-PASIEN, Selling Skill untuk Apotek, Service Excellent untuk Apotek dan Klinik, Service Excellent untuk Rumah Sakit, Coaching untuk PERAWAT, Capsule Selling Skill untuk Medical Reps, 7 Langkah Penjualan yang efektif, Merangcang Strategy Marketing Layanan Kesehatan, Mentoring dalam berkarir di Industri Farmasi.

Anwar Haliyanto juga sudah diminta oleh beberpa Apotek dan Rumah sakit untuk membantu dengan program “PENDAMPINGAN” dimana Apotek dan Rumah Sakit di damping selama 12 bulan dalam meng-implementasikan program – program dalam rangka menaikkan penjualan dan memperbaiki kualitas layanan.

Form Registrasi

* Required information.

Topik

Tanggal
Tipe
Nama*
Job Title
Perusahaan

Alamat Perusahaan

Email*
Telepon Mobile*
Telepon/Ext
Pilihan Gift Training *Tergantung ketersediaan stock TasVoucher MatahariVoucher CarrefourVoucher MAP
Fax
Pesan
Close Menu