Category Archives: Operation Training

Risk Management

Latar belakang

Sekarang perusahaan semakin menyadari pentingnya manajemen risiko. Sayangnya perusahaan-perusahaan yang berada pada industri seperti manufaktur, ritel, jasa non-keuangan dan lainnya banyak yang belum memahami bagaimana melakukan risk assessment dan risk management. Beberapa yang belum diketahui bagi industri dan pekerja adalah seperti :

Implementasi Manajemen Kearsipan Berdasarkan Undang-Undang Kearsipan Terakhir

BACKGROUND

Tingginya tingkat persaingan organisasi bisnis dewasa ini semakin menuntut adanya proses perbaikan pengelolaan arsip yang harus dilakukan oleh semua karyawan yang terlibat langsung pada kegiatan dokumentasi arsip. Ketika pemberkasan arsip sudah makin bertambah, jika tidak dikelola dengan baik, maka pertumbuhan arsip sudah tidak bisa dikendalikan lagi.

Zero Break Down through SMDE (Small Defect Elimination)

Sering kita mendengar kerusakan yang terjadi pada suatu mesin tidak pernah selesai. Baru selesai di perbaiki, 1 atau 2 hari kemudian terjadi kerusakan kembali. Padahal pihak departemen yang bertanggung jawab (Engineering / Maintenance) telah berusaha maksimal agar kerusakan tidak terjadi lagi. Mengapa hal ini bisa terjadi….???

Writing SOP For SOP Writers

Banyak SOP Writers yang tugasnya tidak hanya ”menulis” SOP, tetapi secara tidak langsung mereka juga harus mampu men ”desain” sistem dari proses yang ada dalam organisasi, dimana informasi yang diperlukan untuk mendesain sistem harus dicari sendiri.

Writing Beyond Procedures

FOR ADVANCED SOP DEVELOPERS

90% Procedures di tempat kerja hanya berisi panduan kerja yang sudah umum–pada akhirnya tidak digunakan dan menjadi arsip, apabila Procedures mengandung metrics (KPI’s Balanced Scorecard, SLA’s, Risk Management dll) maka ia akan menjadi dokumen yang dinamis karena akan digunakan setiap saat. –Ady Subagya

Waste Water Treatment (WWT)

Activated Sludge Process Performance menjadi ujung tombak dari tingkat keberhasilan di dalam unit pengolahan air limbah industri. Hampir semua industri penghasil limbah cair mempergunakan proses biologi untuk melengkapi proses fisika dan kimia yang di lakukan di dalam proses sebelumnya.

Warehouse Management for Achieving the Performance

Keberhasilan kinerja Supply Chain akan dipengaruhi oleh kinerja gudang (Warehouse Management), yang banyak diabaikan oleh penanggung jawab Warehouse dalam melaksanakan fungsinya.

Total Productive Maintenance (TPM) – Zero Losses – Higher Profit

Produktivitas dan team work menjadi kunci utama dalam memaksimalkan kinerja machine/peralatan, khususnya effisiensi, kualitas dan keselamatan kerja serta selalu memastikan hasil yang bisa dipertahankan dalam mencapai zero losses, produktivitas dan utilisasi tinggi, biaya operasional dan pemeliharaan rendah

Teknik Overhauling Mesin by Total Preventive Maintenance

Total Preventive Maintenance adalah suatu professional manajemen tentang perawatan suatu mesin. TPM bukanlah sekedar teori tetapi dikembangkan dari best practice dan menjadi suatu proven method yang telah diterapkan di berbagai penjuru dunia.

Technical Specification of Piping and Steel Material for Procurement

Technical Specification of Piping and Steel Material for Procurement suatu program training  yang diberikan kepada Procurement Staff, Maintenance Engineer, Staff perusahaan Trading/Kontraktor yang bergerak di bidang Piping dan Mechanical.