Training Of Trainer (TOT)

Print Outline

Deskripsi

Setiap Organisasi atau Perusahaan didirikan dan dirancang sedemikian rupa agar mampu memberikan hasil atau karya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna, dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Beberapa pakar berpendapat bahwa manusia merupakan sumber daya organisasi yang menentukan pelaku utama dalam mewujudkan dan mencapai tujuan Perusanaan. Suatu kualitas dan kinerja yang melahirkan produktivitas yang optimal ditentukan oleh bagaimana kita memberikan/mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada orang lain agar mudah diterima dan menarik untuk disimak.

Untuk mencapai keberhasilan transfer tersebut dibutuhkan suatu bentuk pelatihan yang dikenal dengan “training of trainer”  (pelatihan bagi fasilitator). Melalui Pelatihan training of trainer (pelatihan bagi fasilitator) diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan untuk menjadi “trainer/fasilitator” yang handal sehingga mampu memberikan kontribusinya untuk mencapai target dan sasaran sesuai dengan yang ditentukan Perusahaan. Selain memahami fase-fase tersebut, seorang trainer saat ini, dibebani tugas yang berat yang berhubungan dengan kemampuan untuk merubah wawasan, pengetahuan, dan tindakan seseorang dari yang sama sekali tidak tahu apa-apa menjadi mampu mengerjakan apa-apa.

Pelatihan ini diarahkan kepada bagaimana menjadi seorang trainer yang hebat, yang mampu memikul tanggung jawab yang besar untuk mampu merubah sesorang sesuai dengan levelnya masing-masing. Kebutuhan akan tenaga ini, semakin lama semakin berkembang dengan baik, seiring dengan kesadaran organisasi bahwa investasi dalam pengembanagn perusahaan berbentuk investasi SDM mendapat porsi yang sangat dominan baik dari kalangan akademisi maupun kalangan praktisi.  Untuk itu pada training of trainer akan diarahkan kepada kemampuan seseorang untuk menjadi seorang trainer yang handal yang dapat diuji oleh seberapa besar ilmu yang akan disampaikan berdampak signifikan bagi perubahan-perubahan pada peserta training.

Tujuan Pelatihan

  1. Menumbuhkan dan meningkatkan minat peserta menjadi internal dan eksternal trainer
  2. Memberikan pengetahuan tentang kerangka proses pelatihan
  3. Meningkatkan keterampilan dasar peserta sebagai trainer internal dan eksternal
  4. Menumbuhkan komitmen untuk mengembangkan keterampilan lebih lanjut sebagai trainer internal dan eksternal

Outline Materi

  1. Pola Pikir yang sukses menjadi seorang trainer internal & eksternal
  2. Bagaimana menghadapi masalah saat melakukan presentasi
  3. Komponen apa saja yang mempengaruhi saat melakukan presentasi
  4. Kiat sukses agar disenangi peserta training saat melakukan presentasi
  5. Praktek Presentasi

Fasilitator

Divdeni Syafri

Berlatar belakang pendidikan di FISIP – Universitas Padjajdjaran Bandung, mengawali karir di perbankan. Hampir 20 tahun pengalaman kerja di PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk dengan memulai karir  sebagai: agent call center 24 jam selama 2 tahun, menangani informasi produk danamon berbagai keluhan nasabah, kemudian diangkat sebagai Manager Customer Care Center selama 8 tahun, menangani keluhan nasabah yang dimuat di media cetak, email, telepon, website, walk in customer dan mediasi perbankan yang melibatkan Bank Indonesia. Menjadi salah satu PIC yang tercatat di Bank Indonesia yang melaporkan keluhan nasabah khususnya keluhan financial sekaligus menjadi PIC untuk mediasi perbankan antara nasabah, Bank Danamon dan Bank Indonesia.

Pengalaman selama 3 tahun menjadi Project Manager untuk Retail Banking Sales Development Program, membuat modul untuk Sales/marketing Bank Danamon seluruh Indonesia, kemudian mengajarkan kepada mereka dari Product knowledge, Skills,  Karakter/ Attitude sampai kepada Profesional Grooming sebagai seorang Bankers.

Pengalaman selama 2 tahun menjadi Project Manager Retail Banking Network Support untuk perubahan system baru di Bank Danamon di tahun 2010 yaitu Winning Branch Model yang melibatkan para Pimpinan Cabang/ Branch Manager seluruh Indonesia.

Pengalaman selama 5 tahun menjadi Senior Manager di Consumer Service Quality, membuat modul Service Excellence dan mengajarkan kepada semua karyawan di Bank Danamon, mulai dari Security, Teller, Customer Service, Marketing/ Sales Officer sampai kepada Branch Manager. Membuat program program antara lain : Branch Service Competition, E-Channel Competition, Service Coach for Leader dll.

Setelah 20 tahun di Bank Danamon, melanjutkan karir sebagai Director Learning & Development di PT. Global Top Career. Tugas saya mengembangkan dan memperbaharui modul yang disesuaikan dengan permintaan klien, kemudian mempromosikan PT. Global Top Career ke berbagai perusahaan. Adapun klien yang pernah kita bantu adalah : Bank BNI 46 (konvensional dan syariah), Bank BRI (konvensional dan syariah), Bank Niaga, Bank Panin, PT. Garuda Indonesia, PT. Permata Indonesia, dll.

Setelah itu melanjutkan karir lagi sebagai Associate Trainer di beberapa Consultant Training diantaranya :PT. Value Consult, Global Top Career, PT. Trisa Mandiri Sejahtera

Reward yang pernah saya dapatkan adalah :

  • The Best Trainer & Facilitator from Danamon Corporate University
  • The Best Curriculum Instructional System Design from Corporate University Xchange
  • The Best Curriculum Development from corporate University Xchange


Next Schedule

  • 17 Oct 2019 - 17 Oct 2019


Topik ini kami jadwalkan di Four/Five Star Hotel. 
Informasi lebih lanjut klik di sini 

Topik ini kami jadwalkan juga di kota-kota lain. 
Informasi lebih lanjut klik link kota: BALI - YOGYAKARTA - BATAM - BANDUNG

 

Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to cs@valueconsulttraining.com

× Support Chat