Analisa SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor internal perusahaan dan faktor eksternal yang mempengaruhi potensi bisnis dan daya saing perusahaan secara sistematis dan menyesuaikan (match) diantara faktor-faktor tersebut untuk dapat merumuskan strategi perusahaan di masa yang akan datang. SWOT merupakan penilaian atau assesment terhadap hasil identifikasi situasi, untuk menentukan suatu kondisi yang bisa dikategorikan menjadi: “Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman” Kekuatan dan kelemahan adalah faktor-faktor yang terletak di perusahaan yang harus dievaluasi secara periodik Sedangkan peluang dan ancaman adalah faktor-faktor yang terletak di lingkungan perusahaan dan harus cepat diatasi.

Deskripsi

Analisa SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor internal perusahaan dan faktor eksternal yang mempengaruhi potensi bisnis dan daya saing perusahaan secara sistematis dan menyesuaikan (match) diantara faktor-faktor tersebut untuk dapat merumuskan strategi perusahaan di masa yang akan datang.

SWOT merupakan penilaian atau assesment terhadap hasil identifikasi situasi, untuk menentukan suatu kondisi yang bisa dikategorikan menjadi: “Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman”

Kekuatan dan kelemahan adalah faktor-faktor yang terletak di perusahaan yang harus dievaluasi secara periodik

Sedangkan peluang dan ancaman adalah faktor-faktor yang terletak di lingkungan perusahaan dan harus cepat diatasi.

SWOT: Sebagai Bisnis Plan

  • Pemahaman terhadap 2 jenis lingkungan yang ada di dalam perusahaan.
    • Lingkungan internal: berupa kondisi yang terdapat di dalam perusahaan & beberapa faktor yang mempengaruhinya.
    • Lingkungan eksternal: berupa kondisi eksternal di perusahaan yang memiliki peran penting dalam kemajuan dan kehidupan perusahaan di masa yang akan datang.
    • Hubungan lingkungan internal & eksternal yang harus diseimbangkan agar kinerja berjalan semaksimal mungkin.
  • Hubungan manajemen strategis dengan SWOT analysis:
    • Pengumpulan Data
    • Pembuatan matrik IFAS & EFAS
    • Pembuatan matriks interaksi SWOT
    • Pemilihan/penilaian alternatif dengan sistem Bobot
  • Penetapan titik koordinat untuk menetapkan kuadran di dalam SWOT analysis dengan Excell
  • Menetapkan posisi perusahaan dengan menggunakan metode kuadran SWOT analysis untuk membuat strategi perusahaan kedepan dan untuk perkembangannya.

 

Durasi training 2,5 jam

  • 9:30 – 12:00 wib atau
  • 13:00 – 15:30 wib

Natar Adri

Natar Adri berpengalaman di bidang Corporate Planning, Finance, Accounting, serta Office & Warehouse Management  sejak karir pertamanya selama 8 tahun di Djajanti Group dengan posisi terakhir sebagai Accounting Manager, keterlibatan Adri juga sebagai Financial Restrukturing saat Djajanti Group masuk ke dalam BPPN, kemudian melanjutkan karirnya di perbankan selama 2 tahun di HSBC sebagai Business Banking Officer Corporate Specialist. Adri juga terlibat sebagai Financial Specialist dalam pembuatan Master Plan dan Bisnis Plan untuk  BPKS (Badan Pengusahaan Kawasan Sabang), serta menguasai model implementasi 5S System dan Production Management.  Karier Adri sebagai seorang profesional terakhir sebagai Finance Manager & Support System di sebuah perusahaan manufaktur (maintenance valve).

Adri memperoleh pasca sarjananya di bidang Manajemen dari Universitas Gadjah Mada. Beliau pernah turut serta mengembangkan sumber daya manusia dan membangun Departement Marketing Support & Training di Prudential BancBali. Natar Adri juga ikut membuat Master Plan & Business Plan, serta melakukan project promosi pariwisata untuk kawasan Sabang. Sebagai seorang konsultan, ia telah terlibat dalam berbagai proyek pengembangan keahlian SDM, antara lain pada topik-topik Accounting & Business Banking, Handling Customer & Complaints, Office & Filing Management, serta Financial Management  & Retirement Planning. Adri juga menulis buku dengan judul ”Solusi Cerdas Mengatasi Hutang dan Kredit” , “Investasi Mudah dan Murah” dan “80 Bisnis Sampingan Modal < 5Juta”

Close Menu
WhatsApp chat