salary-structure.

Online Learning : Mendesain Salary Structure Menggunakan Metode Mercer

Mendesain Salary Structure Menggunakan Metode Mercer mempelajari bagaimana memperoleh pemahaman dan mampu menciptakan Job Evaluasi yang sesuai dengan visi, misi dan budaya perusahaan. Bagaimana mampu melakukan evaluasi jabatan di setiap fungsinya sesuai dengan format yang umum di industri (internasional standard & customize), dan hal lainnya terkait Mendesain Salary Structure Menggunakan Metode Mercer.

Deskripsi

Sejatinya perkembangan industri di Indonesia sangat berkembang dengan pesat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik. Dalam menjalankan tugasnya, para profesional Sumber Daya Manusia menghadapi berbagai tantangan yang menantang antara lain tuntutan perusahaan untuk menaikkan produktifitas dan efisiensi, minimisasi cost produksi serta situasi dan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia yang tidak menentu yang pada intinya bermula dari kesejahteraan dan penghasilan. (Salary Structure)

Dengan perkembangan ketatnya persaingan bisnis, perusahaan berlomba-lomba berusaha mendevelop strategy dan system retainment, agar high potential dan career person yang menjadi kekuatan dan ketahanan dalam bisnis tidak pindah ke perusahaan lain baik sejenis atau bukan sejenis. (Salary Structure)

Oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan external competitiveness maupun internal equity di dalam mendesain paket remunerasi yang merupakan critical factor di dalam usaha untuk mendesain strategy dan system baik attracting maupun retaining, melalui Evaluasi & Penyusunan Job Description, melakukan Job Evaluasi dan menentukan Grading System serta mengimplementasikannya kedalam Salary Structure yang  competitive dan fair serta melakukan optimasi terhadap Pay for Performance.(Salary Structure)

Dalam workshop ini, para peserta akan dibekali pemahaman secara mendasar dan cepat, sekaligus akan diberikan metode untuk mendesain Job Evaluasi versi Mercer sehingga di organisasi manapun juga, kita tidak akan merasa kesulitan untuk melakukan desain & implementasi.

Tujuan Pelatihan

Peserta dilatih untuk memiliki kualifikasi & kompetensi sebagai Praktisi Mercer yang Expert & Professional. (Salary Structure)
Peserta mampu membuat terobosan-terobosan baru Praktisi Mercer dalam lingkup Indonesia & Internasional (kelas dunia).(Salary Structure)

Outline Materi

Day 1 & Day 2
09:00 – 15:00

  1. Memahami dasar-dasar kompensasi sebagai aspek dari manajemen penggajian dan imbalan karyawan perusahaan.
  2. Memahami dan mampu menerapkan aturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dan kaidah internasional.
  3. Memperoleh pemahaman dan mampu menciptakan Job Evaluasi yang sesuai dengan visi, misi dan budaya perusahaan.
  4. Mampu melakukan evaluasi jabatan di setiap fungsinya sesuai dengan format yang umum di industri (internasional standard & customize).
  5. Mampu mengaplikasikan struktur upah berdasarkan kinerja & kompetensi.
  6. Memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang dasar-dasar instrument struktur upah.
  7. Mampu menterjemahkan peran serta kompensasi dalam peningkatan kinerja.
  8. Mampu menciptakan instrumen kompensasi berkenaan dengan peningkatan kinerja serta melakukan eksekusinya.
  9. Mampu mensinergiskan antara kompensasi dengan kinerja & kompetensi serta melakukan implementasinya.
  10. Memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang dasar-dasar instrument salary structure (minimum-maksimum, pay range, mid point, jumlah kelas, range grade, compa ratio dll).
  11. Mengetahui dan memahami sistematika penyusunan struktur penggajian serta melakukannya.
  12. Mampu menentukan jumlah grading/class yang optimal untuk salary structure di perusahaan serta menyesuaikannya dengan kepentingan organisasi.
  13. Mampu melakukan audit penggajian serta trouble shootingnya.
  14. Mampu melakukan Salary Administration (Simulasi Payroll terhadap Salary Increased) dengan beberapa teknik kenaikan gaji (General Increased, Merit Increased & Merit Metrics)
  15. Mampu membuat & menyusun struktur gaji untuk organisasi yang berbeda dengan tepat & sistematis. (Salary Structure)
  16. Memahami metoda & teknik  Mercer serta mampu melakukan eksekusi & mengimplementasinya. (Salary Structure)
  17. Mampu mempersiapkan diri sendiri untuk expert dalam pengambilan keputusan dan penguasaan teknik-teknik kompensasi yang lebih tinggi yang digunakan dalam penggajian dan selaras dengan kaidah internasional yang sejalan dengan perusahaan. (Salary Structure)

Facilitator

Daniel Saputro, MM., MBA.

Daniel Saputro dan tim BusinessBuddy Int memiliki pengalaman 21 tahun dalam perbaikan kinerja perusahaan. Kami aktif memberikan pembekalan maupun konsultasi terutama di bidang transformasi dan manajemen perubahan di 4 area yakni: Business Model (termasuk Balanced Scorecard dan Strategy Map) – People Development – Process – Culture Internalization, yang mengarah ke Auto Pilot System.

Nuqul Group (Yordania) dan Banpu (Thailand) adalah contoh perusahaan internasional yang telah menggunakan jasa konsultasinya. Di dalam negeri, Daniel menjadi konsultan bagi banyak perusahaan maupun institusi pemerintah. Di antaranya Jamsostek, Bea Cukai, Sekretariat DPR, Jasa Sarana BUMD Jabara, BioFarma Bandung, Kementerian Keuangan PUSINTEK, Pertamina, LPP BUMN di Jogja dan BTN.

Perusahaan swasta nasional sering menunjuk Daniel sebagai konsultan. Sebut saja Indocement, Triputra, Bosowa (Makasar), Tunas Ridean Group, MusimMas (Medan), Capella (Medan), CPSSoft, ILP, Darya Varia, KPUC (Samarinda), Medifarma, Prafa. Indospring (Surabaya) dan Acer (Jakarta) , Infomedia dan Sentul City. Beliau juga aktif memberikan pelatihan di Chevron, Astra, Commonwealth Bank, TOTAL EP, Holcim dan banyak lainnya

Di sisi lain, Daniel Saputro juga memiliki minat yang besar terhadap dunia pendidikan. Karena itu, kini, dia aktif menjadi fasilitator MiniMBA serta pengajar mata kuliah bisnis dan pemasaran di program S2. Daniel juga menggunakan tulisan sebagai sarana untuk membagikan ilmunya. Ia menjadi kontributor untuk Tabloid KONTAN, Swa, dan Jakarta Post.

Untuk Family Business, kami membantu suksesi dan transformasi menuju perusahaan yang lebih professional. Dengan cara membentuk Leadership yang profesional dan menggunakan KPI berbasis balanced Scorecard.

Similar Posts:

Bagikan Outline :
Close Menu