Online Training : Kupas Tuntas Penyusunan SOP dan KPI

Training Kupas Tuntas Penyusunan SOP dan KPI kita akan pelajari Mengapa SOP dan KPI penting, Tujuan Strategy Map dan  Balanced Scorecard dan  KPI, Penyusunan KPI tingkat perusahaan, department dan  Individual, Kiat  membuat Standard Operating Procedures yang berhubungan dengan ISO 9001:2008 dan masih banyak yang akan kita bahas dalam pelatihan Kupas Tuntas Penyusunan SOP dan KPI ini.

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan panduan pekerjaan bagi seorang karyawan. Namun seringkali karyawan menjalankan sebuah SOP yang tidak selaras dengan Key Performance Indicator (KPI) yang telah ditetapkan, sehingga terjadi gap antara target yang diharapkan dengan hasil kerja yang dicapai.

SOP dan KPI merupakan alat yang efektif  bagi manajemen perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia dalam memenuhi tanggung jawab kerja mereka. Pertanyaannya, bagaimanakah menyusun sebuah SOP yang selaras dengan KPI?

Training Penyusunan SOP ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan peserta agar bisa menyusun SOP dalam setiap fungsi organisasi perusahaan yang selaras dengan KPI yang telah ditetapkan. Sehingga setiap karyawan bisa mencapai sasaran dan target sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing.

Setelah mengikuti Pelatihan Kupas Tuntas Penyusunan SOP dan KPI ini, peserta diharapkan memiliki pengetahuan untuk:

  • Memahami penitngnya Balanced Scorecard untuk pencapaian Visi
  • Menarik hubungan antara Balanced Scorecard, Business Process, KPI dan SOP
  • Mengimplementasikan SOP dan KPI
  • Kelak dapat meregistrasi ke ISO

Materi training yang akan di bahas topik Kupas Tuntas Penyusunan SOP dan KPI adalah :

HARI PERTAMA
09.00 – 12.00 WIB

  • Mengapa SOP dan KPI penting
  • Tujuan Strategy Map dan  Balanced Scorecard dan  KPI
  • Penyusunan KPI tingkat perusahaan, department dan  Individual

13.00 – 15.00 WIB

  • Menganalisa Internal Process
  • Kiat  membuat Standard Operating Procedures yang berhubungan dengan ISO 9001:2008

HARI KEDUA
09.00 – 12.00 WIB

  • Praktek membuat Standard Operating Procedures berbasis KPI dan BSC
  • Audit Standard Operating Procedures yang ada

13.00 – 15.00 WIB

  • Job Analysis, Job Description, Job Responsibility
  • Kiat dan hambatan dalam Penyusunan Standard Operating Procedures
Daniel Saputro, MM., MBA.

Daniel Saputro dan tim BusinessBuddy Int memiliki pengalaman 21 tahun dalam perbaikan kinerja perusahaan. Kami aktif memberikan pembekalan maupun konsultasi terutama di bidang transformasi dan manajemen perubahan di 4 area yakni: Business Model (termasuk Balanced Scorecard dan Strategy Map)  – People Development  – Process – Culture Internalization, yang mengarah ke Auto Pilot System.

Nuqul Group (Yordania) dan Banpu (Thailand) adalah contoh perusahaan internasional yang telah menggunakan jasa konsultasinya. Di dalam negeri, Daniel menjadi konsultan bagi banyak perusahaan maupun institusi pemerintah. Di antaranya Jamsostek, Bea Cukai, Sekretariat DPR, Jasa Sarana BUMD Jabara, BioFarma Bandung, Kementerian Keuangan PUSINTEK, Pertamina, LPP BUMN di Jogja dan BTN.

Perusahaan swasta nasional sering menunjuk Daniel sebagai konsultan. Sebut saja Indocement, Triputra, Bosowa (Makasar), Tunas Ridean Group, MusimMas (Medan), Capella (Medan), CPSSoft, ILP, Darya Varia, KPUC (Samarinda), Medifarma, Prafa. Indospring (Surabaya) dan Acer (Jakarta) , Infomedia dan Sentul City. Beliau juga aktif memberikan pelatihan di Chevron, Astra, Commonwealth Bank, TOTAL EP, Holcim dan banyak lainnya

Di sisi lain, Daniel Saputro juga memiliki minat yang besar terhadap dunia pendidikan. Karena itu, kini, dia aktif menjadi fasilitator MiniMBA serta pengajar mata kuliah bisnis dan pemasaran di program S2. Daniel juga menggunakan tulisan sebagai sarana untuk membagikan ilmunya. Ia menjadi kontributor untuk Tabloid KONTAN, Swa, dan Jakarta Post.

Untuk Family Business, kami membantu suksesi dan transformasi menuju  perusahaan yang lebih professional. Dengan cara membentuk Leadership yang profesional dan menggunakan KPI  berbasis balanced Scorecard.

Close Menu
WhatsApp chat