10 Metode Rekrutment yang Umum Digunakan

Terdapat berbagai jenis metode rekrutmen yang digunakan dalam perusahaan, tergantung pada kebutuhan organisasi dan sumber daya yang tersedia. Berikut adalah beberapa jenis metode rekrutmen yang umum digunakan:

1. Rekrutmen Internal

Rekrutmen internal melibatkan mencari kandidat dari dalam organisasi. Ini bisa mencakup promosi, rotasi pekerjaan, atau pemindahan lateral. Keuntungan dari rekrutmen internal adalah menghargai dan memotivasi karyawan yang sudah ada, serta memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman yang ada.

2. Rekrutmen Eksternal

Rekrutmen eksternal mencakup pencarian kandidat di luar organisasi. Ini bisa melibatkan pemasangan iklan pekerjaan, perekrut profesional, situs web rekrutmen, atau jejaring sosial. Rekrutmen eksternal diperlukan ketika organisasi tidak memiliki sumber daya internal yang memenuhi kebutuhan.

3. Rekrutmen Online

Dalam era digital, rekrutmen online semakin populer. Ini mencakup penggunaan situs web rekrutmen, platform media sosial seperti LinkedIn, dan aplikasi manajemen rekrutmen (ATS) untuk mencari dan menilai kandidat secara online.

4. Rekrutmen Kampus

Banyak perusahaan berpartisipasi dalam acara rekrutmen kampus untuk mencari talenta muda yang baru lulus dari perguruan tinggi atau universitas. Ini memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi calon karyawan potensial.

5. Rekrutmen Melalui Agen/Perekrut Profesional

Beberapa organisasi menggunakan agen atau perusahaan perekrutan profesional yang memiliki pengetahuan dan jaringan yang luas untuk mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

6. Rekrutmen Melalui Program Magang

Program magang adalah cara untuk mengenalkan siswa atau lulusan baru dengan lingkungan kerja dan memberi mereka pengalaman praktis. Beberapa organisasi kemudian menawarkan posisi penuh waktu kepada magang yang berhasil.

7. Rekrutmen Sosial

Ini melibatkan penggunaan jejaring sosial seperti LinkedIn, Twitter, dan Facebook untuk mencari kandidat potensial dan membangun hubungan dengan mereka.

8. Rekrutmen Melalui Referensi

Organisasi dapat menerima referensi dari karyawan saat mencari kandidat baru. Karyawan yang ada dapat merekomendasikan orang yang mereka yakini cocok untuk posisi tertentu.

9. Rekrutmen Melalui Job Fair

Job fair adalah acara di mana perusahaan memamerkan diri mereka kepada calon karyawan. Ini memberikan kesempatan untuk bertemu dengan calon karyawan secara langsung.

10. Rekrutmen Melalui Konsultan/Outsourcing

Beberapa organisasi menggunakan konsultan atau perusahaan outsourcing untuk menangani seluruh proses rekrutmen mereka, termasuk pencarian, seleksi, dan perekrutan.

Setiap jenis metode rekrutmen memiliki keuntungan dan tantangan sendiri, dan organisasi biasanya menggunakan kombinasi dari beberapa metode ini untuk mencapai hasil terbaik. Keputusan tentang metode yang akan digunakan harus mempertimbangkan kebutuhan spesifik perusahaan dan jenis posisi yang akan diisi.

Value Consult

Value Consult

× Ada yang bisa dibantu? Available from 06:00 to 23:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday