Hubungan Antara Talent Management dan Performance Management

Dalam bab ini, kita akan membahas hubungan antara Talent Management dan Performance Management. Keduanya merupakan dua bagian integral dari HRM, dan berfokus pada tujuan organisasi yang sama – mengamankan kontribusi dan kinerja HRM.

Performance Management berkaitan dengan masa kini – di sini dan sekarang; Sedangkan Talent Management  berfokus pada mengamankan masa depan – besok. Proses dan aktivitas yang terlibat sangat berbeda antara kedua program ini namun hasil yang ditargetkan untuk organisasi  adalah sama. (Talent Management & Performance Management)

Talent Management bertujuan mempertahankan karyawan yang berkinerja efisien dan berkinerja tinggi, sementara Performance Management bertujuan menetapkan tujuan, aktivitas, dan target kinerja sesuai dengan rencana akuntabilitas individual dan mengukur kinerja secara berkala – tahunan atau kuartalan. (Talent Management & Performance Management)

Performance Management mencakup kegiatan seperti perencanaan kerja, penetapan tujuan, pemantauan atau tinjauan kemajuan berkelanjutan, komunikasi, umpan balik, dan pelatihan yang sering dilakukan untuk meningkatkan kinerja, pelaksanaan program pengembangan karyawan dan pencapaian penghargaan. (Talent Management)

Performance Management  mencakup kegiatan  – kegiatan sebagai berikut :

Merencanakan dan Menetapkan Sasaran – Performance Management mencakup perencanaan yang tepat dan menetapkan harapan kinerja dan sasaran bagi individu dan tim untuk mengarahkan kembali usaha dan keterampilan mereka untuk mewujudkan tujuan organisasi. Harus ada unsur dan standar kinerja yang terukur, mudah dimengerti, dapat diverifikasi, dan dapat dicapai. (Talent Management)

Memantau atau Mengevaluasi Kinerja – Ini melibatkan penilaian berkala atau pengukuran kinerja karyawan, memberikan umpan balik kepada karyawan dan kelompok kerja mengenai kemajuan mereka untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Memeriksa kemajuan berkelanjutan sangat membantu dalam mengidentifikasi kinerja yang tidak dapat diterima di setiap saat.  (Talent Management)

Mengembangkan dan Meningkatkan Kapasitas – Performance Management memberikan pelatihan, memberikan tugas untuk mengenalkan karyawan dengan keterampilan baru, dan memperbaiki proses kerja atau metode untuk meningkatkan kapasitas untuk mengerjakan. Proses performance Management memberikan kesempatan yang baik untuk mengidentifikasi kebutuhan pembangunan.  (Talent Management)

Penilaian atau Evaluasi Kinerja – Evaluasi atau penilaian kinerja karyawan atau kelompok terhadap standar atau elemen yang ditetapkan dalam rencana kinerja. Berdasarkan evaluasi, memberikan ringkasan evaluasi atau catatan penilaian.  (Talent Management)

Rewarding Performance – Tahap terakhir dari Performance Management adalah memiliki budaya memberi penghargaan kepada karyawan, baik secara individu maupun sebagai anggota kelompok atas kinerjanya terhadap realisasi tujuan dan sasaran organisasi.  (Talent Management)

Tujuan Performance Management  dalam Mengelola Bakat

Tujuan  dari Performance Management  adalah untuk membangun budaya kinerja tinggi baik untuk individu maupun tim dalam sebuah organisasi sehingga mereka bersama-sama mengambil tanggung jawab untuk memperbaiki proses bisnis, dan pada saat yang sama meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa tujuan penting Performance Management yang mengacu pada Talent Management.

  1. Menggerakkan karyawan menuju pencapaian standar kinerja kerja yang superior.
  1. Mendukung para karyawan dalam mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan secara efisien.
  1. Memotivasi karyawan dengan mengerakkan pemberdayaan karyawan dan penerapan proses penghargaan yang efektif.
  1. Mempromosikan sistem komunikasi dua arah antara manajemen dan karyawan untuk mengklarifikasi harapan, peran dan akuntabilitas, tujuan fungsional dan organisasi. menyediakan umpan balik reguler dan transparan untuk meningkatkan kinerja karyawan.
  1. Mengidentifikasi hambatan atau masalah terhadap kinerja yang efektif dan menyelesaikan hambatan tersebut melalui intervensi pemantauan, pelatihan, dan pengembangan yang terus-menerus.
  1. Mempromosikan pertumbuhan personal dalam karir karyawan dengan membantu atau mendukung mereka dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diinginkan.
  1. Meningkatkan harga diri para karyawan dan meningkatkan wawasan dan pengembangan diri mereka.

Manfaat dari Performance Management

Sistem Performance Management  yang efektif dapat memainkan peran yang sangat penting dalam mengelola kinerja dalam sebuah organisasi meliputi :

  1. Memastikan pemahaman yang benar tentang tujuan dan memfasilitasi komunikasi yang efektif di seluruh organisasi.
  1. Mengembangkan hubungan yang sehat antara karyawan dan manajer lini berdasarkan kepercayaan dan pemberdayaan.
  1. Memastikan setiap karyawan memahami apa yang diharapkan dan sama-sama memastikan apakah karyawan memiliki keterampilan dan dukungan yang dibutuhkan untuk memenuhi harapan tersebut.
  1. Memastikan karyawan memahami pentingnya kontribusi mereka terhadap tujuan dan sasaran organisasi.
  1. Diferensiasi yang lebih baik dan tepat waktu antara kinerja yang baik dan yang buruk.
  1. Meningkatkan kompetensi karyawan dan memungkinkan para manajer mendapatkan wawasan tentang bawahan mereka.

Memfasilitasi perubahan organisasi dan cara paving untuk tindakan administratif yang tepat.

JADWAL TRAINING

Tanggal
(Belum Ada Jadwal)

Lokasi
Hotel di Jakarta

Biaya

-

Bagikan Outline :
Close Menu