Menggunakan Konsultan Manajemen

Konsultan manajemen bertindak sebagai penyedia layanan di bidang-bidang seperti perekrutan, pencarian eksekutif dan pelatihan. Mereka juga menyediakan bantuan luar dan bimbingan kepada klien mereka dengan member nasihat tentang pengenalan system baru atau prosedur atau dengan melalui proses analisis dan diagnosis untuk menghasilkan rekomendasi tentang solusi untuk masalah atau untuk membantu umumnya dalam peningkatan organisasi kinerja.

Peran mereka adalah untuk menyediakan keahlian dan sumber daya untuk membantu perkembangan dan perubahan.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk memilih dan menggunakan konsultan secara efektif adalah:

  1. Mendefinisikan kebutuhan bisnis – apa akan nilai-tambah yang akan diberikan
  2. Memberikan justifikasi dalam hal keahlian mereka, objektivitas dan kemampuan untuk membawa sumber dayayang mungkin tidak bersedia – jika biaya-manfaat telah berhasil ditetapkan, maka penggunaan konsultan eksternal daripada sumber daya internal dapat
  3. Mendefinisikan dengan jelas tujuan yang ingin dicapai dalam dalam hasil akhir
  4. Mengundangtiga atau empat perusahaan atau konsultan independen untuk mengajukan proposal
  5. Pilihkonsultan yang disukai atas dasar usulan mereka dan wawancara (seperti ‘kontes kecantikan’) -kriteria harus mencakup sejauh mana konsultan memahami kebutuhan, relevansi dan penerimaan terhadap program kerja yang diusulkan, kapasitas perusahaan, dan hasil konsultasi yang diberikan, apakah konsultan akan dapat beradaptasi dengan gaya budaya  dan manajemen organisasi, sejauh mana mereka akan diterimaoleh orang-orang dengan siapa mereka akan bekerja, dan biaya(sebagai penyedia layanan, tapi  bukan pertimbangan utama).
  6. Mengambil referensi sebelum konfirmasi penetapan.
  7. Setuju dan menandatangani kontrak – ini harus selalu dilakukan secara tertulis dan harus dikemukakan apa yang akan dihasilkan, waktu dan biaya, metode pembayaran dan pengaturan jika ada
  8. Menyetujui rincian proyek program
  9. Memantau kemajuan tugas dengan hati-hati tanpa terlalu mengganggu hari-hari kerja konsultan, dan mengevaluasi hasil.

Implikasi hukum

Jika ada masalah serius, penugasan konsultan dapat dibatalkan,jika salah satu pihak telah jelas gagal memenuhi persyaratan kontrak (apakah ini adalah kontrak resmi atau hanya pertukaran surat). Klien juga dapat menuntut konsultan untuk kelalaian professional jika mereka percaya bahwa saran atau tindakan mereka telah menyebabkan keuangan atau bentuk lain dari kerugian yang bisa diukur.

Kelalaian dari profesional bagaimana pun tidak selalu mudah untuk dibuktikan,terutama dalam tugas HR.Konsultan dapat mengklaim bahwa saran mereka sangat baik tetapi itu telah digunakan secara tidak benar oleh klien (ini juga mungkin sulit untuk dibuktikan).Menggugat konsultan dapat menjadi bisnis kotor dan hanya boleh dilakukan bila merasa bahwa mereka (atau asuransi mereka) harus membayar kesalahan mereka dan dengan demikian membantu menutup kerugian klien.Harus diingat bahwa konsultan independen dan bahkan beberapa perusahaan kecil mungkin tidak mengambil asuransi kewajiban profesional.Jika itu terjadi, semua klien yang dirugikan dan penggugat mereka akan membuatnya bangkrut tetapi sebenarnya sia-sia. Masalah yang terakhir ini hanya dapat diatasi jika klien memilih konsultan yang diasuransikan.

Value Consult

Value Consult

× Ada yang bisa dibantu? Available from 06:00 to 23:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday