Microsoft Office Essential Skill

Training Microsoft Office Essential Skill adalah training yang mempelajari Microsoft Office seperti mengenal aplikasi Ms Office, apa saja cara cepat yang penting diketahui, Microsoft Word seperti mengenal area kerja MS Word dan seputar MS Word,  Microsoft Powerpoint seperti mengenal area kerja Ms Powerpoint dan seputar MS Powerpoint,  Microsoft Excel seperti mengenal area kerja Ms Excel dan juga seputarMS Excel.

Desksripsi

Microsoft Office adalah kumpulan aplikasi komputer buatan perusahaan Microsfot, dimana masing-masing aplikasi memiliki fungsi yang spesific. Microsoft Word untuk membuat dokumen (word processor), Powerpoint untuk membuat presentasi/slideshow,  Microsoft Excel untuk membuat spreadsheet. Meskipun ada beberapa aplikasi lainnya, tapi yang paling populer adalah 3 aplikasi tersebut. (Microsoft Office)

Aplikasi Microsoft Office adalah aplikasi yang sangat intuitive, mudah digunakan. Sebagian besar pemakai komputer akan dapat langsung beradaptasi dengan fitur-fitur utamanya. Akan tetapi, untuk dapat bekerja lebih cepat, efisien, perlu eksplorasi lebih lengkap. Bisa melalui buku-buku atau melalui pelatihan.

Pelatihan Microsoft Office tidak ditujukan sebagai pedoman komprehensif dari Ms Office, tapi untuk meningkatkan skill yang esensi dalam menggunakannya. (Microsoft Office)

•    Peserta yang menggunakan Ms Office tapi belum pernah mengikuti trainingnya

  • Microsoft Office
    • Mengenal aplikasi Ms Office
    • Cara cepat yang penting diketahui: bekerja dengan teks, shortcut, undo/repeating command, zooming, viewing on many windows, cara memperbaiki “typos”, menulis teks yang sulit.
  • Microsoft Word
    • Mengenal area kerja ms word
    • Layout teks, halaman: breaking line, margin, header/footer, tabs, table,  paragraph style
    • Bekerja dengan style
    • Fitur desktop publishing: border, image, chart/diagram, shapes, text boxes, dropcap
    • Fitur untuk membuat laporan/paper: outline view, expand/collapse heading, table of content, and footnote/end note.
  • Microsoft Powerpoint
    • Mengenal area kerja Ms Powerpoint
    • Membuat slide: mengelola slide (membuat, memilih, memindahkan, menghapus, mengurut), mengubah view, hide/unhide
    • Memasukan teks: memasukan teks, mengganti font (size,color), text box, overflow, align, bullet, footer/header
    • Memperbaiki tampilan dengan Themes, background: mengganti theme, variannya, mengubah background (warna, gradien, gambar, tekstur), menambahkan object (chart/diagram, shape, photo, smartart).
    • Membuat slide lebih hidup dengan animasi, multimedia.
  • Microsoft Excel
    1. Mengenal area kerja Ms Excel
    2. Mengenal Ms Excel: membuat Workbook, memahami Worksheet, memasukan data (teks, numeric, date-time), autofill, data validation, align number, splashing color, border,  printing.(Microsoft Office)
    3. Bekerja dengan Worksheet: mengubah data, berpindah lokasi, freezing, splitting, memilih cell, copy, moving data, menambah/menghapus/memindah worksheet, hide, protect Worksheet.(Microsoft Office)
    4. Bekerja dengan Function, Formula : membuat formula,  menggunakan cell-ranges dan names, referring cells, copy formula ke kolom/rows lain,menggunakan function.(Microsoft Office)
    5. Teknik menganalisa data di Ms Excel: sort/filter, conditional format, goal seek, subtotal, pivot-table, chart, sparkline.(Microsoft Office)

•    Mengenalkan lebih lengkap fitur-fitur yang ada di Ms Office
•    Bekerja lebih baik, cepat, dan efisien dengan Ms Office

Fazri Romadhona, S.Si

Lulus dari Insitut Teknologi Bandung tahun 1999, dan telah bekerja lebih dari 20 tahun di bidang teknologi informasi. Pertama bekerja di Lab Fisika Bumi sebagai freelance engineer, kemudian pindah ke perusahaan kontraktor telekomunikasi untuk mengembangkan perangkat komunikasi data berbasis embedded sistem dan Linux. Selanjutnya bekerja di perusahaan alat berat, bertanggung jawab untuk mengelola jaringan komputer, sistem informasi, dan terlibat dalam proyek yang berkaitan dengan akuisisi data truk-truk di wilayah pertambangan (Papua).

Pada tahun 2005 memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan bekerja secara freelance sebagai trainer dan konsultan. Banyak terlibat dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan sistem informasi (aplikasi) berbasis web untuk membantu beberapa konsultan pada area psikotest, assessment, recruitment, HR audit, CRM (Customer Relation Management), event management, dashboard, dan keuangan.

Beberapa klien (terlibat dalam project mereka) diantaranya: PT Trakindo Utama, PT PZ Cussons Indonesia, PT Prakarsa Indah (pekerjaan untuk Dept. Keuangan, Pertamina, Bank Danamon), PT Insan Performa (pekerjaan untuk BP Migas), PT Bhumi Rantau Energi, PT Kalbe Farma, PT Lintas Media Danawa (Lintasarta Group), PT Upaya Riksa Patra, PT Media Cendekia Utama, PT Kreasi Nilai Grup, dll.

Bagikan Outline :
Close Menu