Komunikasi Internal : Strategi Menuju Reputasi

Pilihan Jadwal Training:


Fee:
Tentative tempat training di Jakarta : The Parklane Hotel / Park Hotel Jakarta / Arion Swiss Belhotel

Pokok Bahasan

Terminologi “reputasi” menjadi populer dan reputasi konteksnya adalah reputasi yang baik. Dalam pelatihan ini yang dimaksud reputasi yang baik adalah reputasi yang harus dibangun dan dipertahankan bagi suatu organisasi/perusahaan atau institusi. Reputasi tidak dapat muncul secara instan, memerlukan proses, tetapi harus dimulai dan harus ada komitmen dari dalam organisasi perusahaan/korporasi. Bagaimana membangun atau memperbaiki ataupun merubah dari reputasi kurang baik, bahkan dari reputasi buruk menuju reputasi prima? Tentu lebih baik lagi bagi suatu organisasi/korporasi yang baru didirikan untuk langsung memikirkan mengetrapan strategi komunikasi internal. Komunikasi internal bisa direncanakan oleh pendiri atau investor perusahaan, dimulai dari pucuk pimpinan; namun strategi komunikasi harus juga ditanamkan dari para peserta modal, para pelaksana dan karyawan industri keatas, yaitu kepada pucuk pimpinan dan investor atau pendiri perusahaan. Bahkan komunikasi internal akan dirasakan juga dampaknya sebagai harmonisasi kesamping antar karyawan.

Setelah pucuk pimpinan menentukan strategi komunikasi internal, perlu dilibatkan para pemeran, yaitu seluruh jajaran manajemen yang kemudian melibatkan seluruh karyawan. Strategi merupakan rancang bangun utama jangka menengah atau lebih baik lagi jangka panjang yang akan lebih menjamin keberlangsungan bisnis industri. Dari pokok strategi dijabarkan berbagai taktik, yaitu pelaksanaan program-program komunikasi internal. Berbagai program komunikasi internal konvensional yang masih memberi manfaat akan dipresentasikan; namun program komunikasi internal yang lebih canggih menggunakan perangkat teknologi informasi terkini juga akan dibahas lebih mendalam. Strategi komunikasi internal menyiapkan juga audit komunikasi, dari monitoring hingga evaluasi untuk revisi perbaikan tindakan. Pelatihan ini tidak hanya memaparkan teori ilmu komunikasi; namun lebih banyak implimentasi teori kedalam praktek nyata yang membawa keberhasilan, termasuk transformasi budaya perusahaan melalui komunikasi internal. Untuk itu akan di-diskusikan studi kasus suksesnya perusahaan/korporasi di Indonesia menjalani komunikasi internal berdasarkan mutual respect communication, sehingga reputasi baik mereka menjadi terkenal dan diakui masyarakat luas.

Bahasan teori praktis membicarakan juga nilai komunikasi dan komunikasi berbasis kepemimpinan. Juga tips bagaimana menciptakan komunikasi internal yang harmonis. Pada setiap sesi para peserta diberikan kesempatan mendiskusikan kasus internal perusahaam, menganalisanya serta menngusulkan strategi perbaikan dan jika mungkin memberikan jalan keluarnya (problem solving). Karena cukup banyak materi yang dibahas secara interaktif maka peserta perlu mendalaminya selama 2 hari (8 sesi).

Target Peserta

Pelatihan Komunikasi Internal : Strategi  Menuju Reputasi ini ditujukan untuk para:

Investor – Pemodal – Pendiri/Pemilik Perusahaan – Pucuk Pimpinan – PresDir/CEO/GM – Direktur – Manajer Senior/Junior – Kepala Divisi – Calon Pimpinan – Karyawan setingkat Penyelia.

Rancangan Pelatihan

Materi training yang akan di bahas topik Komunikasi Internal : Strategi  Menuju Reputasi adalah :

  • Sesi 1: Teori Komunikasi Utama – Manajemen Pemberdayaan Karyawan (sekilas) – Trknik Komunikasi Internal – Tugas dan Objektif Komunikasi Internal – Strategi Komunikasi Internal
  • Sesi 2: Berbagai Program Komunikasi Internal (Presentasi – diskusi interaktif – studi kasus)
  • Sesi 3: Pembentukan Nilai Komunikasi menuju Reputasi Korporasi (yang prima)
  • Sesi 4: Pembentukan Komunikasi Internal berbasis Kepemimpinan yang handal
  • Sesi 5: Komunikasi Internal dalam Transformasi Budaya (studi kasus perusahaan terkenal dalam negeri)
  • Sesi 6: Komunikasi Pribadi menuju Komunikasi Internal
  • Sesi 7: Komunikasi Internal menuju Komunikasi Organisasi
  • Sesi 8: Monitoring, Audit dan Evaluasi Komunikasi Internal

Facilitator

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si

Ludwig Suparmo: Menyelesaikan studi S 2 Manajemen Ilmu Komunikasi dalam waktu singkat dengan kelulusan cum laud setelah bekerja selama 30 tahun dimulai dari Sales Promotion Rep., menaiki jenjang Supervisor, Manajer Lapangan, Direktur Agency, hingga ke GM dan Konsultan di berbagai perusahaan ternama internasional maupun perusahaan  nasional.  Sejak 30 tahun lalu diundang menjadi pembicara/trainer dan memberi kuliah di berbagai institusi dan perusahaan ternama. Mendapat pelatihan dan pendidikan manajemen di Manila, Filipina dan London, UK.

training-komunikasi-internal-strategi-menuju-reputasi

Hubungi Kami

Value Consult

Pelatihan dan Pengembangan SDM Jakarta
Ms. Ori / Ms. Riri
 
Phone    :021-7919 8730 / 7919 4462
Fax         :021-79198740
Email      :cs@valueconsulttraining.com

Form Registrasi

* Required information.

Topik

Tanggal
Tipe
Nama*
Job Title
Perusahaan

Alamat Perusahaan

Email*
Telepon Mobile*
Telepon/Ext
Pilihan Gift Training *Tergantung ketersediaan stock  Tas Voucher Matahari Voucher Carrefour Voucher MAP
Fax
Pesan
captcha