Essential IT for Non-IT Executives

Pendahuluan

Bagi para pelaku bisnis, jajaran manajemen puncak, eksekutif, dengan latar belakang pendidikan ataupun pekerjaan non-teknis, Teknologi Informasi (TI) dapat menjadi salah satu sumber kefrustasian. Pelatihan Essential IT for Non-IT Executives berfokus pada elemen-elemen, konsep, praktek manajemen TI terpenting serta ditujukan untuk membantu organisasi dalam rangka mengembangkan bahasa yang sama bagi para manajer, pimpinan maupun pelaku usaha agar mereka dapat bekerja sama secara efisien, efektif , produktif.

Selain itu, pelatihan Essential IT for Non-IT Executives juga didesain untuk membantu manajer senior terutama dari unit bisnis untuk bekerja, berkoordinasi, berkolaborasi ,mendapatkan manfaat, nilai dari fungsi maupun layanan TI untuk meningkatkan keuntungan kompetitif organisasinya, memenangkan persaingan.

Pada akhir pelatihan Essential IT for Non-IT Executives, peserta diharapkan untuk dapat:

  1. Memahami konsep dan praktek penting TI.(Essential IT for Non-IT Executives)
  2. Mengetahui tren dan perkembangan terbaru TI.(Essential IT for Non-IT Executives)
  3. Menyadari peran, kontribusi dan manfaat TI bagi organisasi.(Essential IT for Non-IT Executives)
  4. Berkoordinasi, berkolaborasi dengan fungsi, produk dan layanan TI.
  5. Memahami berbagai keterbatasan & kendala TI.
  6. Menguasai desain bisnis proses untuk dapat memanfaatkan TI secara lebih baik.
  7. Mengetahui cara mendorong dan melakukan transformasi digital.
  8. Mengetahui bagaimana TI dikelola.
  1. Arsitektur Organisasi
  2. Rencana Strategis
  3. Portfolio, Program dan Proyek
  4. Business Case
  5. Proses
  6. Sumber Daya Manusia
  7. Budaya Organisasi
  8. Teknologi dan Sistem Informasi
  9. Tata Kelola

40% waktu akan dialokasikan untuk konsep, teori penting, sementara 60% akan digunakan untuk sesi tanya jawab, diskusi, sharing, studi kasus.

  1. Tren, Situasi, Kondisi Kejahatan Dunia Maya.
  2. Masalah, Sebab, Dampaknya Secara Bisnis.
  3. Kondisi Keamanan Saat Ini di berbagai Organisasi, Pemerintahan.
  4. Berbagai Jenis Resiko, Ancaman (Threat) Kejahatan Dunia Maya.
  5. Berbagai Jenis Kerentanan, Kelemahan (Vulnerabilities).
  6. Perencanaan, Strategi Cyber Resilience
  7. Pemahaman atas Standar ISO 27000 untuk Cyber Resilience, Cyber Security
  8. Pemahaman atas Framework NIST untuk Cyber Resilience, Cyber Security
  9. Tool, teknik sebagai Countermeasure terhadap Cyber Crime.
Penyelia, Manajer, Manajer Senior, Manajer Umum, Kepala Seksi/Departemen/Divisi/Biro/Bagian non-TI yang tertarik untuk mendalami , memanfaatkan fungsi, produk, layanan TI serta sinergi, eselarasan antara bisnis , TI (Business and IT Alignment).

Goutama Bachtiar

Goutama Bachtiar adalah : Advisor, Auditor, Konsultan, Trainer, Courseware Designer,  Penulis bidang Teknologi,  Sistem Informasi selama 17 tahun terakhir dengan spesialisasi di ranah IT Governance, Risk, Security, Assurance, Audit, IT Management.

Saat ini beliau menjabat sebagai advisor beberapa perusahaan, organisasi, Subject Matter Expert, Program Mentor, Editorial Journal Reviewer, Certification Exam (CISA, CGEIT, CISM, CRISC),  Study Materials Developer di ISACA International Chapter, Subject Matter Expert,  Program Evaluator di PMI International Chapter, IASA, SABSA,  Open Group Global Working Group Member, Reviewer Panel di International Institute of Business Analysis (IIBA), Dosen Tamu di program pasca sarjana beberapa universitas di AS dan Indonesia (UTB, UI, IPB dan Binus), serta moderator, panelis, pembicara di sejumlah konferensi, workshop, seminar.

Sebagai auditor dan konsultan, telah memberikan layanan tersebut kepada 35 perusahaan dan organisasi. Puluhan sertifikasi internasional sudah diperolehnya sampai dengan saat ini.

Selain itu, beliau juga telah mengadakan dan memberikan pelatihan, perkuliahan, seminar, konferensi dan workshop sebanyak lebih dari 230 sesi dan 5500 jam lebih kepada sekitar 7500 peserta di Indonesia maupun luar negeri kepada lebih dari 70 perusahaan dan organisasi.

Sebagai penulis, sudah mengarang 2 buku dan 22 courseware serta sudah menulis, melakukan review dan editing atas 300 artikel, manuskrip, paper dan white paper seputar Telematika dan Manajemen di lebih dari 20 media, publikasi, organisasi, jurnal dan konferensi.

Bagikan Outline :
Close Menu