Bank

Online Training : General Banking

Online Training General Banking mempelajari mengenai Treasury dan Keuangan, Akuntansi Perbankan, mengenai marketing, business support. dan hal lainnya terkait General Banking.

Deskripsi

Pemahaman tentang perbankan secara umum menjadi faKtor utama yang harus dimiliki oleh setiap insan pegawai bank. Mulai dari jenis bank, aspek legalitas, produk dan jasa-jasa, manfaat, dan strategi mengelola usaha sebuah bank umum. Pemahaman General Banking ditetapkan sebagai program sertifikasi profesi perbankan, artinya setiap bankir mulai dari level tertentu wajib lulus ujian sertifikasi General Banking sebagai syarat utama layak tidaknya banker tersebut terlibat dalam mengelola bisnis bank. (General Banking)

Hal ini dipandang perlu mengingat bisnis bank sangat berisiko, highly regulated. Setidaknya Bank Indonesia menetapkan ada 8 (delapan) risiko utama yang harus dicermati, dikelola dengan baik, sehingga bisa dicegah timbulnya atau diminimalisir kerugiannya. 8 (delapan) risiko utama perbankan itu adalah ; risiko pasar, risiko pembiayaan, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko kepatuhan, risiko strategi, risiko reputasi, risiko hukum. (General Banking)

Tujuan Pelatihan

Membekali peserta dengan pengetahuan dan ketrampilan tentang perbankan secara umum termasuk di dalamnya landasan hukum, jenis, produk, jasa, strategi pengelolaannya, risiko-risiko yang menyertainya. Dengan demikian insan perbankan akan menjadi lebih siap,  lebih handal untuk mengelola bisnis perbankan yang aman, sehat, menguntungkan. (General Banking)

Outline Materi

Day 1 & Day 2
09:00 – 15:00

  1. Pengertian, fungsi, peran, sifat, dan jenis bank. (General Banking)
  2. Memahami produk dan jasa bank. (General Banking)
  3. Memahami prosedur, ketentuan, jenis-jenis perkreditan.(General Banking)
  4. Treasury dan Keuangan. (General Banking)
  5. Akuntansi Perbankan.(General Banking)
  6. Marketing, business support. (General Banking)
  7. Manajemen risiko, kepatuhan, audit, dan aspek hukum. (General Banking)

Metode Pelatihan

Presentasi, diskusi, brainstorming, case study & exercise/latihan),  video, song, ice breaking, games, motivation and inspiration story

Dengan menggunakan konsep interactive presentation – komunikasi dua arah, group discussionbrainstormingteam building, games/ jokes/ice breaker, role playcase study, simulasi,  pemutaran video.

Motivational, inspirational workshop ini, materinya akan dibawakan oleh trainer dengan gaya yang khas, bahasa yang lugas/gampang dicerna, gamblang, mengalir, santai, segar, bersahabat (friendly, fresh, fun) diselingi video motivasi yang “inspiratif”  contoh kasus  nyata, dengan joke/canda,  games (ice breaker) yang menyentuh , menggugah nurani. Workshop ini dikemas dengan konsep learning and edutainment – membumi,  applicable.

Facilitator

Ir. Indra H. Harahap, MM, RFA, CISI

Praktisi perbankan yang membangun karir profesionalnya di dunia perbankan dan bancaassurance selama lebih dari 28 tahun dengan penuh integritas dan sarat dengan pengalaman. Dengan prinsip hidup, teruslah berbagi dan memberi – karena itu adalah ibadah (amal jariah), Indra senantiasa terus menebar ilmu yang dimiliki. Menjadi trainer sudah menjadi passion-nya sejak duduk dibangku kuliah.

Indra memulai karirnya di Lembaga Oseanologi Nasional (LON) – LIPI,  1988-1989; dilanjutkan di BankExim, 1990 – 1999 (Section Head); dan Bank Mandiri, 1999 – June 2018. Karir di Bank Mandiri dimulai dari: Section Head, Senior Product Manager, Area Sales Manager (ASM), Regional Sales Manager (RSM), Senior Relationship Manager (SRM), Head of Sales Department dan Professional Trainer. Selain itu pernah ditugaskan di AXA Mandiri Financial Services (AMFS) sebagai  RSM dan Counterpart Consultant KPMG – Organization Restructuring Project serta Counterpart Consultant BCG – Value Chain Project.

Mengasah pengalaman sebagai trainer dimulai Indra dengan menjadi Asisten Dosen sejak di bangku kuliah untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di IPB Bogor. Selain itu pernah  menjadi Dosen Luar Biasa di Universitas Gunadarma untuk beberapa mata kuliah.dan  menjadi Executive Trainer bidang Sales and Marketing di MarkPlus Institute of Marketing (MIM)/MarkPlus Inc. Sebagai seorang pembelajar, Indra terus mengasah diri dan senantiasa terus berbagi, menjadi Professional Trainer di berbagai bidang seperti sales/marketing/produk lebih dari 15 tahun. Dengan pengalaman yang mumpuni di bidang sales dan training, Indra pernah dinobatkan sebagai “senior trainer sales terbaik” di institusinya, pernah mengelola lebih dari 2.000 sales people,. MarkPlus Inc. & Co dan Majalah Warta Ekonomi pernah menobatkannya sebagai “The 3rd Best Sales Manager”di Indonesia.

Tahun 2016, 2017 dan 2018 Indra memperoleh penghargaan “Trainer Gold Recognition” dari Mandiri University, Bank Mandiri.

Selain itu, Indra juga adalah Founder & General Secretary of Mandiri Club (MC) (2 times) dan  salah satu Founder Koperasi Mandiri

Sepanjang pengalamannya di dunia sales, Indra mengelola/mensuvervisi team sales dan  provider/agency dalam sales training, coaching, sales clinic, motivation, team building, rewarding, outing, bahkan terjun langsung ke lapangan bersama sales people – memberi contoh/teladan.

Indra memperoleh gelar Sarjana Statistika (Ir.) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) – Bogor dan Magister Management (MM) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) – Yogyakarta dengan spesialisasi dibidang International Marketing serta gelar profesi tingkat global yaitu Register Financial Associates (RFA)/Financial Planner dari International Association of Register Financial Consultants (IARFC) United States of America (USA).

Disamping itu yang bersangkutan mengasah kompetensi dan profesionalisme bidang finance, investment, insurance, bancassurance, organization, leadership, culture,  research & development, sales dan marketing melalui sejumlah workshop/training yang diselenggarakan oleh International Management for Development (IMD) Business School, Lausanne – Switzerland, Center for Creative Leadership (CCL) Greensboro – North Caroline USA, Chartered Institute for Securities and Investment (CISI) London, AXA Mandiri Financial Services, MarkPlus Inc./MarkPlus Institute of Marketing (MIM), Academia Education and Training,  Top Coach Indonesia (TCI), ESQ Executive Class, Asia Works dan lembaga lain yang terkait.

JADWAL TRAINING

Tanggal
15-16 Mar 2022

Lokasi
By Zoom

Biaya
Rp 3jt - Early Bird
Rp 3jt - Group
Rp 3.5jt - On The Spot
Rp 3.5jt - Full Fare

-

Bagikan Outline :