Effective PR Campaign

Deskripsi

Dalam pembentukan citra perusahaan, lembaga atau produk yang hanya diperlukan lembaga kampanye Hubungan Masyarakat (PR) yang terintegrasi, intergratif dan kreatif. Selain mengkampanyekan program kerja, aktivitas, dan informasi, tujuan kampanye, untuk menemukan, meningkatkan kesadaran atau mencari dukungan publik dari target khalayaknya (audiens target), dan sekaligus meningkatkan referensi khalayak yang terkait dan dituju (publik signifikan), perkembangan berikutnya dikenal dengan pemegang saham (khalayak sasaran yang terkait). (PR Campaign)

Sesuatu yang dijual tentu menunjukkan nilai lebih, baik dari segi kualitas maupun penampilan. Terkait di dalam dunia pemasaran, pada pandangan pertama bungkus bisa sangat menentukan membandingkan isi. Produk sehebat apa pun, dengan kualitas tinggi tetapi tidak bisa laku kalau pembungkusnya tidak menarik atau berkesan tidak bisa dipercaya. Strategi yang tepat. Pesan kampanye harus tersampaikan dengan cepat, dengan menyelesaikan pesan yang jelas dan dilakukan dengan apik agar dapat diterima audiens target. (PR Campaign)

  1. Kampanye produk (Kampanye berorientasi produk) merupakan kegiatan kampanye yang berorientasi komersial, seperti mengalihkan produk baru. Kampanye ini biasanya dibuat bermuatan kepentingan untuk membangun citra positif terhadap produk yang diperkenalkan ke publiknya. (PR Campaign)
  2. Kampanye pencalonan kandidat (Kampanye Berorientasi Kandidat) adalah kampanye yang berorientasi politik, seperti kampanye Pemilu dan Pilkada. (PR Campaign)
  3. Kampanye ideologi atau misi sosial (Kampanye Ideologis atau Berorientasi Kampanye) adalah kampanye yang melakukan kampanye khusus, berdimensi sosial, atau kampanye sosial, seperti kampanye kampanye Anti Narkoba, Anti HIV / AID dan Pengentasan Kemiskinan. (PR Campaign)

Agar kampanye Public Relations dapat efektif, maka diperlukan langkah-langkah yang sistematis mulai dari analisis, perumusan tujuan, penetapan khalayak, perumusan pesan, pemilihan media, strategi, alokasi sumber daya hingga evaluasi dan review program kampanye public relations. (PR Campaign)

Setelah mengikuti Pelatihan PR Campaign peserta diharapkan memiliki pengetahuan untuk:

  1. Pelatihan PR Campaign peserta mampu membuat proposal kampanye hubungan masyarakat yang menarik dan memiliki nilai jual dengan tahapan-tahapan sistematis, jelas dan efektif. (PR Campaign)
  2. Peserta mempertimbangkan teori kampanye dengan contoh aplikasi. (PR Campaign)
  3. Peserta akan berlatih membuat proposal kampanye pendek PR. (PR Campaign)

Pelatihan Materi yang akan di bahas topik Kampanye PR Efektif adalah:

  1. Pengantar perencanaan Kampanye
  2. Membuat analisis situasi
  3. Merumuskan tujuan dengan tepat
  4. Pemilihan khalayak
  5. Pemilihan media yang tepat
  6. Perumusan pesan persuasif
  7. Perumusan Strategi jitu
  8. Pengalokasian Sumber Daya
  9. Evaluasi dan ulasan
  10. Pembuatan Proposal Kegiatan
Gufroni Sakaril, Drs, MM,

Berlatar belakang pendidikan Komunikasi Massa Universitas Sebelas Maret dan Magister Manajemen Universitas Mercu Buana. Lebih dari 13 tahun berhasil dalam bidang Hubungan Masyarakat dan telah 10 tahun menjadi Kepala Hubungan Masyarakat PT Indosiar Visual Mandiri. Selain itu, mengajar di bidang Hubungan Masyarakat di Perguruan Tinggi ternama di Jakarta, Universitas Paramadina, Universitas Mercu Buana, Universitas Tarumanagara, Universitas Indonusa Esa Unggul dan lain-lain. Banyak memberikan pelatihan dan seminar di bidang perencanaan kampanye hubungan masyarakat, lobi negosiasi dan advokasi, hubungan masyarakat, dasar-dasar hubungan masyarakat, publikasi dan lain-lain. Beberapa lembaga / lembaga yang pernah menjadi kliennya Departemen Sosial, Depkominfo, Pemda Batam, Pemda DKI, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka, Universitas Media Nusantara, Universitas Sebelas Maret, LPM Fak Ekonomi Universitas Indonesia dan lain-lain. Aktivis di lembaga sosial menjadi Ketua Persatuan Penyadang Cacat Indonesia, Ketua Nasional Indonesia, dan sering menjadi panitia acara-acara nasional.

Close Menu