PSAK Terkini

 Training PSAK Terkini adalah training yang akan membahas  mengenai PSAK 1 (R2009) Penyajian Laporan Keuangan, PSAK 16 (R2011)Aset Tetap, PSAK 13 (R2011) Properti & Investasi
PSAK 30 Sewa.

Deskripsi

Laporan keuangan merupakan salah satu bentuk komunikasi bisnis yang disusun dan disajikan bagi para penggunanya sebagai salah satu sarana di dalam mengambil keputusan bisnis. Dasar pelaporan keuangan berupa pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah melalui beberapa fase yang dimulai dengan lahirnya Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI) 1973, PAI 1984, dan dimulainya Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 1994 yang beberapa kali mengalami revisi sampai detik ini sebagai komitmen profesi akuntansi Indonesia (IAI) yang telah bergabung dengan International Federation of Accountants (IFAC). (PSAK)

Salah satu konsekuensi IAI sebagai anggota IFAC adalah memenuhi beberapa ketentuan SMO (Statement of Membership Obligations) yang salah satunya adalah mengkonvergensi PSAK dengan International Financial Reporting Standards/ International Accounting Standards (IFRS/ IAS). (PSAK)

Dampak konvergensi membawa suatu perubahan paradigma penyusunan laporan keuangan secara fundamental dengan bergesernya pola pikir profesi akuntan yang berorientasi pada rule based accounting menuju pola pikir principle/ transactional based accounting dengan konsep nilai wajar (fair value) yang menjiwai setiap nilai transaksi di dalamnya, yang dahulu lebih didominasi oleh konsep nilai historis (historical method).(PSAK)

Diskusi sehari mengenai  Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis PSAK Terkini [PSAK 1 (R2009) ‘Penyajian Laporan Keuangan’, PSAK 16 (R2011) ‘Aset Tetap’, PSAK 13 (R2011) ‘Properti Investasi’, dan PSAK 30 (R2011) ‘ Sewa’] ini merupakan suatu gerbang pergeseran paradigma dan konsep di atas yang tentunya akan membuka cakrawala/ khasanah baru bagi profesi akuntan dan profesi terkait lainnya. Manajemen dan profesi akuntan diharapkan dengan segera untuk beradaptasi dengan revolusi profesi ini. (PSAK)

Peserta diharapkan memperoleh awareness  terhadap perubahan fundamental standar-standar akuntansi serta dampaknya terhadap pelaporan keuangan.

Direksi, Manajer Akuntansi dan Keuangan, Auditor Internal, Komite Audit, Dosen, Mahasiswa dan siapapun yang berminat di dalam dunia akuntansi dan keuangan.

Materi dan Metode Penyajian 

  1. PSAK 1 (R2009) ‘Penyajian Laporan Keuangan’
  2. PSAK 16 (R2011) ‘Aset Tetap
    • Pengakuan
    • Pengukuran awal, subsequent measurement
    • Penyusutan, Penghentian Pengakuan
    • Pengungkapan
  3. PSAK 13 (R2011) Properti & Investasi
    • Pengakuan
    • Pengukuran awal, subsequent measurement
    • Pengungkapan
  4. PSAK 30 Sewa
    • Klasifikasi sewa, sewa dalam laporan keuangan lessee
    • Sewa dalam laporan keuangan lessor

Metode Pelatihan

  • Para peserta dimohon untuk membawa laporan keuangan tahun 2010 (laporan keuangan dengan format lama) sebagai bahan pembahasan di dalam sesi diskusi.
  • Diskusi dan Penerapan Laporan  Keuangan Format baru 
  • Peralihan format Laporan Laba Rugi menjadi Laporan Laba Rugi Komprehensif
  • Peralihan Format neraca menjadi  Laporan Posisi Keuangan
  • Catatan atas Laporan Keuangan (Notes to Financial Statement)

 

Subur Harahap, SE, Ak, Dipl.FP, MM, CFP®, CA, CMA(Aust)

Subur Harahap saat ini menjabat sebagai Finance & Accounting Manager perusahaan penerbangan charter nasional, Managing Partner SUHA Planner Financial Planning & Management Consultant , Dosen Fakultas Ekonomi Institut Bisnis Nusantara.

Subur Harahap memiliki Lisensi Wakil Manager Investasi dari Bapepam-LK Departemen Keuangan Republik Indonesia, Register Akuntan Negara  (Ak), Chartered Accountant (CA) dari Indonesian Institute of Accountant, Certified Financial Planner (CFP) dari Financial Planning Standard Board Indonesia yang merupakan bagian dari tak terpisahkan dari Financial Planning Standard Board – United States of America dan Certified Management Accountant (CMA) dari Institute of Certified Management Accountant Australia.

Subur Harahap mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Diploma Perencana Keuangan (Dipl.FP) dari Universitas Bina Nusantara Jakarta dan Magister Manajemen dari Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (Kwik Kian Gie Business School) – Jakarta.       

Close Menu
WhatsApp chat