Accounting For Non Accounting Executive

Deskripsi

Informasi accounting bagi seorang eksekutif sama pentingnya dengan informasi cuaca bagi seorang penerbang atau pelaut. Informasi ’cuaca’ yang akan dihadapi sangat membantu seorang eksekutif membuat keputusan strategis agar perusahaan mampu melewati gelombang dan badai sehingga berhasil mencapai pelabuhan tujuan.

Workshop Accounting For Non Accounting bertujuan memberikan pemahaman accounting kepada para eksekutif yang berlatarbelakang non accounting mengenai pentingnya dan proses pembuatan informasi accounting sehingga dapat menjadikan setiap peristiwa accounting sebagai alat navigasi dalam mengendalikan perusahaan.

  • Sesi I: Peranan Accounting Dalam Bisnis

    Informasi accounting adalah kebutuhan sehari-hari bagi setiap individu dan organisasi termasuk organisasi nirlaba. Sesi ini akan membahas jenis-jenis informasi accounting, kerangka dasar accounting keuangan, tujuan pelaporan keuangan dan fungsi manajemen dalam pembuatan informasi accounting.

    Sesi II: Konsep Dasar Accounting : Neraca, Rugi Laba, dan Arus Kas

    Laporan keuangan yang lengkap terdiri atas neraca, laba-rugi, dan arus kas yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Pemahaman integral atas ketiga informasi akuntansi tersebut sangat mutlak bagi seorang eksekutif dalam membuat keputusan bisnis baik rutin maupun strategis.

    Sesi III: Proses Accounting

    Proses accounting adalah adalah sebuah siklus yang berkelanjutan selama perusahaan beroperasi. Sesi ini membuat peserta dapat memahami dan menganalisa proses accounting sejak terjadinya peristiwa accounting sampai selesainya penyusunan laporan keuangan.

    Sesi IV: Pengakuan Pendapatan, Harga Pokok Penjualan, dan Penilaian Persediaan

    Pengakuan pendapatan, perhitungan biaya barang terjual dan nilai persediaan adalah hal yang penting dalam mengukur kinerja eksekutif. Sesi ini akan memberikan pemahaman mengenai perbedaan perhitungan dengan metode periodik dan perpetual (FIFO, LIFO, dan rata-rata) serta pengaruh pemilihan metode yang digunakan terhadap laporan keuangan

    Sesi V: Aset Tetap dan Penyusutannya

    Sesi ini akan memberikan pemahaman mengenai klasifikasi aktiva tetap dan metode amortisasi yang lazim digunakan sehingga eksekutif dapat mengklasifikasikan aktiva tetap yang dimiliki dan melakukan amortisasi yang sesuai dengan lingkungan bisnis.

    Sesi VI: Sifat Dasar Management Accounting

    Berbeda dengan akuntansi keuangan yang dibuat dengan standar yang sama sehingga dapat digunakan oleh seluruh stake holders, management accounting memiliki karakteristik dan kegunaan yang spesifik sesuai kebutuhan eksekutif. Sesi ini memberikan pemahaman mengenai perbedaan dan persamaan antara akuntansi keuangan dan manajemen, tips pembuatan, tujuan, dan penggunaan informasi management accounting

    Sesi VII: Perilaku Biaya dan Antisipasinya

    Sesi ini membahas mengenai klasifikasi dan karakteristik biaya (tetap, variabel, dan semi variabel). Hal ini sangat penting dalam menganalisa hubungan biaya total dengan volume produksi, biaya per unit dengan total volume produksi, analisa titik impas dan menentukan target keuntungan yang hendak dicapai.

    Sesi VIII: Penggunaan Informasi Accounting untuk Pembuatan Keputusan

    Sesi penutup ini membahas langkah-langkah dalam menganalisa laporan keuangan dan menggunakannya dalam membuat keputusan manajerial seperti : membeli atau membuat sendiri, ekspansi, pemilihan barang modal, peluncuran produk baru, nilai waktu atas uang dan  imbal hasil atas investasi.

Natar Adri

Natar Adri berpengalaman di bidang Corporate Planning, Finance, Accounting, serta Office & Warehouse Management  sejak karir pertamanya selama 7 tahun di Djajanti Group dengan posisi terakhir sebagai Accounting Manager, keterlibatan Adri juga sebagai Financial Restrukturing saat Djajanti Group masuk ke dalam BPPN, kemudian melanjutkan karirnya di perbankan selama 2 tahun di HSBC sebagai Business Banking Officer Corporate Specialist. Adri juga terlibat sebagai Financial Specialist dalam pembuatan Master Plan dan Bisnis Plan untuk  BPKS (Badan Pengusahaan Kawasan Sabang), serta menguasai model implementasi 5S System dan Production Management.

Adri memperoleh pasca sarjananya di bidang Manajemen dari Universitas Gadjah Mada. Beliau pernah turut serta mengembangkan sumber daya manusia dan membangun Departement Marketing Support & Training di Prudential BancBali. Natar Adri juga ikut membuat Master Plan & Business Plan, serta melakukan project promosi pariwisata untuk kawasan Sabang. Sebagai seorang konsultan, ia telah terlibat dalam berbagai proyek pengembangan keahlian SDM, antara lain pada topik-topik Accounting & Business Banking, Handling Customer & Complaints, Office & Filing Management, serta Financial Management  & Retirement Planning. Adri juga menulis buku dengan judul ”Solusi Cerdas Mengatasi Hutang dan Kredit” , “Investasi Mudah dan Murah” dan “80 Bisnis Sampingan Modal < 5Juta”

Close Menu
WhatsApp chat