Financial Planning for Profesional

Deskripsi

It is not how much you earn, but how well you plan it…

Tidak tergantung berapa besar penghasilan anda, akan tetapi seberapa baik anda mengelola dan merencanakannya.

Perencanaan keuangan, menjadi trending topic saat ini, seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi. Ke depan, tantangan dan persaingan hidup akan semakin sulit dan kejam. Hanya orang-orang yang mampu mengantisipasi masa depan yang akan tetap survive dan menjadi pemenang.

Pertanyaannya adalah, apakah anda sudah siap menghadapi masa depan?

Dengan workshop singkat ini, kita coba bangun pemahaman akan pentingnya financial planning bagi diri sendiri maupun keluarga, dan tentu, mampu membuat perencanaan keuangan melalui latihan dan simulasi yang dilakukan dalam workshop yang sangat menarik ini.

  1. Taktik efektif menyiapkan dana darurat
  2. Bijak berinvestasi dan mempersiapkan masa depan yang uncertainty.
  3. Bagaimana mengelola arus kas sehingga optimal.
  • Membuat Perencanaan Keuangan pribadi dan keluarga.
  • Menyiapkan dana darurat, dana kesehatan, dana pensiun.
  • Bijak berinvestasi dan mengelola keuangan, saat ini dan masa datang.
  1. 6 Steps in Financial Planning
  2. Risk Profile
  3. Need vs Want
  4. Emergency Fund
  5. Pension Fund
  6. Insurance
  7. Health  
  8. Cash Flow and Balance Sheet
  9. Financial Check Up
  10. Setting your Financial Goals
  11. Financial Freedom

Dengan menggunakan konsep interactive presentation – komunikasi dua arah, group discussion, brainstorming, team building, games/ jokes/ice breaker, role play, case study, simulasi dan pemutaran video.

Motivational dan inspirational workshop ini, materinya akan dibawakan oleh trainer dengan gaya yang khas, bahasa yang lugas/gampang dicerna dan gamblang, mengalir, santai, segar dan bersahabat (friendly, fresh, fun) diselingi video motivasi yang “inspiratif” dan contoh-contoh kasus yang nyata/realistis (pernah dialami), dengan joke/canda dan games (ice breaker) yang menyentuh dan menggugah nurani,. Workshop ini dikemas dengan konsep learning and edutainment – membumi dan applicable – sehingga mampu menularkan motivasi dan adrenalin untuk berbenah diri dalam financial planning, sehingga menjadi probadi yang solid, kokoh dan gigih demi meraih sukses masa depan.

Ir. Indra H. Harahap, MM, RFA, CISI

Praktisi perbankan yang membangun karir profesionalnya di dunia perbankan dan bancaassurance selama lebih dari 28 tahun dengan penuh integritas dan sarat dengan pengalaman. Dengan prinsip hidup, teruslah berbagi dan memberi – karena itu adalah ibadah (amal jariah), Indra senantiasa terus menebar ilmu yang dimiliki. Menjadi trainer sudah menjadi passion-nya sejak duduk dibangku kuliah.

Indra memulai karirnya di Lembaga Oseanologi Nasional (LON) – LIPI,  1988-1989; dilanjutkan di BankExim, 1990 – 1999 (Section Head); dan Bank Mandiri, 1999 – June 2018. Karir di Bank Mandiri dimulai dari: Section Head, Senior Product Manager, Area Sales Manager (ASM), Regional Sales Manager (RSM), Senior Relationship Manager (SRM), Head of Sales Department dan Professional Trainer. Selain itu pernah ditugaskan di AXA Mandiri Financial Services (AMFS) sebagai  RSM dan Counterpart Consultant KPMG – Organization Restructuring Project serta Counterpart Consultant BCG – Value Chain Project.

Mengasah pengalaman sebagai trainer dimulai Indra dengan menjadi Asisten Dosen sejak di bangku kuliah untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di IPB Bogor. Selain itu pernah  menjadi Dosen Luar Biasa di Universitas Gunadarma untuk beberapa mata kuliah.dan  menjadi Executive Trainer bidang Sales and Marketing di MarkPlus Institute of Marketing (MIM)/MarkPlus Inc. Sebagai seorang pembelajar, Indra terus mengasah diri dan senantiasa terus berbagi, menjadi Professional Trainer di berbagai bidang seperti sales/marketing/produk lebih dari 15 tahun. Dengan pengalaman yang mumpuni di bidang sales dan training, Indra pernah dinobatkan sebagai “senior trainer sales terbaik” di institusinya, pernah mengelola lebih dari 2.000 sales people,. MarkPlus Inc. & Co dan Majalah Warta Ekonomi pernah menobatkannya sebagai “The 3rd Best Sales Manager” di Indonesia.

Tahun 2016, 2017 dan 2018 Indra memperoleh penghargaan “Trainer Gold Recognition” dari Mandiri University, Bank Mandiri.

Selain itu, Indra juga adalah Founder & General Secretary of Mandiri Club (MC) (2 times) dan  salah satu Founder Koperasi Mandiri

Sepanjang pengalamannya di dunia sales, Indra mengelola/mensuvervisi team sales dan  provider/agency dalam sales training, coaching, sales clinic, motivation, team building, rewarding, outing, bahkan terjun langsung ke lapangan bersama sales people – memberi contoh/teladan.

Indra memperoleh gelar Sarjana Statistika (Ir.) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) – Bogor dan Magister Management (MM) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) – Yogyakarta dengan spesialisasi dibidang International Marketing serta gelar profesi tingkat global yaitu Register Financial Associates (RFA)/Financial Planner dari International Association of Register Financial Consultants (IARFC) United States of America (USA).

Disamping itu yang bersangkutan mengasah kompetensi dan profesionalisme bidang finance, investment, insurance, bancassurance, organization, leadership, culture,  research & development, sales dan marketing melalui sejumlah workshop/training yang diselenggarakan oleh International Management for Development (IMD) Business School, Lausanne – Switzerland, Center for Creative Leadership (CCL) Greensboro – North Caroline USA, Chartered Institute for Securities and Investment (CISI) London, AXA Mandiri Financial Services, MarkPlus Inc./MarkPlus Institute of Marketing (MIM), Academia Education and Training,  Top Coach Indonesia (TCI), ESQ Executive Class, Asia Works dan lembaga lain yang terkait.

Close Menu
WhatsApp chat