Pelatihan Competency Matrix Management System

Pelatihan Competency Matrix Management System adalah pelatihan  yang akan membahas mengenai strategi bisnis, kompetensi. Memahami konsep dasar  kompetensi, membangun Model Kompetensi, memahami teknik menyusun kompetensi organisasi, kompetensi peran, kompetensi bidang, bagaimana teknik menyusun competency matrix. (Competency Matrix)

 

Deskripsi

Sejak diperkenalkan oleh David Mc Clelland pada tahun 1973, konsep kompetensi telah diyakini mampu meningkatkan kinerja organisasi dan individu, dimana melalui pendekatan kompetensi ini, para praktisi SDM dapat mengintegrasikan strategi bisnis dengan sistem manajemen SDM.Untuk menerapkan sistem kompetensi pada sebuah organisasi ternyata bukanlah suatu hal yang mudah. Beberapa pertanyaan dikemukakan oleh para praktisi SDM : Apa itu kompetensi ? Bagaimana cara menyusun kompetensi untuk sebuah organisasi? Bagaimana mengidentifikasikan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan organisasi ? Dan, bagaimana implementasinya dalam mendukung strategi bisnis ? Tak mudah memang untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut di atas. (Competency Matrix)

Kami mengenalkan apa itu Competency Matrix Management System (CMMS) yang merupakan pengembangan terkini atas Design & Analisa Kompetensi dan Penilaian Kinerja yang telah banyak dipakai oleh perusahaan terkemuka saat ini. Dengan program Competency Matrix Management System ini, perusahaan dapat menerapkan program pengembangan berdasarkan kompetensi secara efektif sebagai sarana penunjang strategi organisasi.

  • Memahami seluk-beluk kompetensi (Competency Matrix)
  • Peserta mampu menyusun teknik dan proses membuat model kompetensi.(Competency Matrix)
  • Peserta mampu mengimplementasikan konsep kompetensi untuk mendukung strategi bisnis perusahaannya.(Competency Matrix)
  • Strategi Bisnis dan Kompetensi
  • Konsep Dasar  Kompetensi
  • Membangun Model Kompetensi
  • Teknik Menyusun Kompetensi Organisasi, Kompetensi Peran dan Kompetensi Bidang
  • Teknik Menyusun Competency Matrix
  • Teknik Menyusun Competency Profile  
  • Menyusun Annual Training Master Plan
  • Menyusun Annual Development Master Plan
  • Implementasi Sistem Kompetensi dalam Recruitment, Training & Development, serta Career Planning dan Succession Planning

Presentasi , Simulasi, diskusi, dan studi kasus

Adi Mardianto, S.Psi, MBA.

Adi Mardianto adalah alumni Universitas Gadjah Mada. Direktur PT Mahatma Javakode, perusahaan yang bergerak dalam pengembangan software HR System dan Direktur PT Pinasthika Adhi Konsultama yang bergerak dalam pengembangan SDM & Sistem Manajemen. Dikenal sebagai konsultan pengembangan sistem MSDM, trainer, asesor dan penulis buku. Beliau mempunyai pengalaman praktis lebih 15 tahun sebagai praktisi MSDM di beberapa perusahaan multi nasional seperti Newmont Nusa Tenggara, Gobel, Astra Group dan Pinasthika. Dalam kegiatan profesi, beliau merupakan anggota SHRM Profesional Membership dan ASTD, serta pendiri IHRAA (Indonesian Human Resource System Analyst Association). Sebagai praktisi MSDM, beliau telah banyak membantu perusahaan untuk penyelenggaraan jasa rekrutmen, asesmen, pengembangan sistem dan pelatihan-pelatihan. Sebagai consultant, beliau pernah membantu proyek pengembangan sistem di beberapa perusahaan BUMN dan swasta. Materi konsultasi sistem yang diberikan terkait dengan tema Talent Executives& Career System, Organization Development, Design Organization, Change Executives, Remuneration System, Workload Analysis, Performance Executives Sistem, Employee Opinion Survey, Job Evaluation, Executives Development Program dan Leadership Skill. Beberapa karya buku yang sudah diterbitkan adalah Recruitment Executives dan People Development Handbook, Recruitment Analysis, Optimalizing Recruitment System; dan Organization Development Analysis, Organization Development Linked to Business Strategy.Karya yang lain adalah pembuatan software aplikasi berbasis web ataupun desktop, seperti software Talent Management& Career System, software Recruitment Executives, software Performance Management System, dan software aplikasi lainnya

Bagikan Outline :
Close Menu