Analisa SWOT berbasis IKSF dan BSC

Rahasia Penyusunan SWOT BERBASIS IKSF dan BSC

 

Training Analisa SWOT berbasis IKSF dan BSC mempelajari bagaimana memahami dinamika lingkungan perusahaan, bagaimana dinamika lingkungan PEST, bagaimana menganalisa 5 Forces, menganalisa IKSF, bagaimana dinamika stakeholder perusahaan, bagaimana menganalisa SWOT ( Strength, weakness, opportunity, threat), dan hal – hal lain terkait Analisa SWOT .

 

Sejatinya Analisa SWOT adalah metode perencanaan strategis yang paling sering digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis (Analisa SWOT ). Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats). Proses Analisa SWOT melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek, mengidentifikasi faktor internal & eksternal yang mendukung, yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. (Analisa SWOT )

Analisa SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis,  memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru. Training Analisa SWOT berbasis IKSF dan BSC akan membahas  bagaimana menyusun Analisa SWOT untuk merumuskan strategi perusahaan (Analisa SWOT)

  1. Memahami dinamika lingkungan perusahaan
  2. Dinamika lingkungan PEST
  3. Analisa 5 Forces
  4. Analisa IKSF
  5. Dinamika stakeholder perusahaan.
  6. Analisa SWOT ( Strength, weakness, opportunity, threat).
  7. Kajian perlunya reevaluasi, perumusan kembali visi, misi perusahaan.
  8. Strength dan Weakness
  9. Opportunity, Threat
  10. Aplikasi SWOT
  11. Pengertian manajemen strategi.
  12. Strategic management process.
  13. Strategi fungsi bisnis.
  14. Sistematika penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).
  15. Kerangka analisis strategi.
  16. SWOT for Balanced Scorecard
  1. 20% teori, 80% praktek.
  2. Materi dibawakan dalam suasana santai, fun.
  3. System pembelajaran efektif dengan diskusi, roleplay, simulasi.

Daniel Saputro, MM., MBA.

Daniel Saputro dan tim BusinessBuddy Int memiliki pengalaman 21 tahun dalam perbaikan kinerja perusahaan. Kami aktif memberikan pembekalan maupun konsultasi terutama di bidang transformasi dan manajemen perubahan di 4 area yakni: Business Model (termasuk Balanced Scorecard dan Strategy Map) – People Development – Process – Culture Internalization, yang mengarah ke Auto Pilot System.

Nuqul Group (Yordania) dan Banpu (Thailand) adalah contoh perusahaan internasional yang telah menggunakan jasa konsultasinya. Di dalam negeri, Daniel menjadi konsultan bagi banyak perusahaan maupun institusi pemerintah. Di antaranya Jamsostek, Bea Cukai, Sekretariat DPR, Jasa Sarana BUMD Jabara, BioFarma Bandung, Kementerian Keuangan PUSINTEK, Pertamina, LPP BUMN di Jogja dan BTN.

Perusahaan swasta nasional sering menunjuk Daniel sebagai konsultan. Sebut saja Indocement, Triputra, Bosowa (Makasar), Tunas Ridean Group, MusimMas (Medan), Capella (Medan), CPSSoft, ILP, Darya Varia, KPUC (Samarinda), Medifarma, Prafa. Indospring (Surabaya) dan Acer (Jakarta) , Infomedia dan Sentul City. Beliau juga aktif memberikan pelatihan di Chevron, Astra, Commonwealth Bank, TOTAL EP, Holcim dan banyak lainnya

Di sisi lain, Daniel Saputro juga memiliki minat yang besar terhadap dunia pendidikan. Karena itu, kini, dia aktif menjadi fasilitator MiniMBA serta pengajar mata kuliah bisnis dan pemasaran di program S2. Daniel juga menggunakan tulisan sebagai sarana untuk membagikan ilmunya. Ia menjadi kontributor untuk Tabloid KONTAN, Swa, dan Jakarta Post.

Untuk Family Business, kami membantu suksesi dan transformasi menuju perusahaan yang lebih professional. Dengan cara membentuk Leadership yang profesional dan menggunakan KPI berbasis balanced Scorecard.

Bagikan Outline :
Close Menu