Program Sertifikasi BNSP : Kepala Bagian Hubungan Industrial

5/5

Outline

Skema Kepala Bagian Hubungan Industrial Sertifikasi BNSP adalah suatu program sertifikasi yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bertujuan untuk menjamin kompetensi dan kualitas kerja Kepala Bagian Hubungan Industrial (Kepala Hubungan Industrial) dalam menjalankan tugasnya di bidang hubungan industrial.

Kepala Hubungan Industrial merupakan seorang pemimpin atau manajer yang bertanggung jawab untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan karyawan atau serikat pekerja. Tugasnya meliputi pengelolaan konflik, penyelesaian sengketa, pembuatan perjanjian kerja, dan pengembangan program kerja yang berkaitan dengan hubungan industrial.

Tujuan :

Tujuan dari Skema Kepala Bagian Hubungan Industrial Sertifikasi BNSP adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme Kepala Hubungan Industrial dalam menjalankan tugasnya di bidang hubungan industrial. Adapun tujuan khusus dari program sertifikasi ini antara lain:

  1. Menjamin kompetensi dan kualitas kerja Kepala Hubungan Industrial sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BNSP.
  2. Memberikan pengakuan terhadap keahlian dan kemampuan Kepala Hubungan Industrial yang telah disertifikasi oleh BNSP.
  3. Meningkatkan daya saing Kepala Hubungan Industrial dalam pasar kerja dan industri.
  4. Meningkatkan kualitas hubungan industrial antara perusahaan dan karyawan atau serikat pekerja melalui peningkatan kompetensi Kepala Hubungan Industrial.
  5. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja Kepala Hubungan Industrial dalam menjalankan tugasnya.
  6. Meningkatkan kepercayaan dan keamanan perusahaan terhadap kinerja Kepala Hubungan Industrial dalam mengelola hubungan industrial.

Dengan tersedianya sertifikasi Skema Kepala Bagian Hubungan Industrial BNSP, diharapkan dapat memperkuat profesi Kepala Hubungan Industrial dan membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis, produktif, dan aman bagi semua pihak yang terlibat dalam hubungan industrial.

Unit Kompetensi

  1. Menyusun Uraian Jabatan
  2. Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM
  3. Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu
  4. Menyusun Kebutuhan Pembelajaran dan Pengembangan
  5. Membuat Kesepakatan Kerja
  6. Menyusun Peraturan Perusahaan dan/atau Perjanjian Kerja Bersama
  7. Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif
  8. Menangani Keluhan Pekerja
  9. Mengelola Proses Pelaksanaan Tindakan Disiplin
  10. Melaksanakan Proses Pemutusan Hubungan Kerja

Persyaratan Peserta :

  • Minimum Pendidikan setara D3 Manajemen.
  • Mmemiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun di bidang SDM

Durasi Training :

  • 2 Hari Training
  • 1 Hari Ujian BNSP

Facilitator :

Drs. Jack Alenzo, MM. MH

Jack adalah Konsultan dan Trainer pengembangan SDM, organisasi dan kepemimpinan di beberapa lembaga yang bergerak di bidang konsultasi dan pelatihan. Ia memilki latar belakang pendidikan di bidang Manajemen dan Hukum Bisnis Saat ini juga sedang menempuh Pendidikan Doktoral bidang Manajemen Pendidikan.

Disamping itu dia juga memperoleh sertifikasi Bisnis Management Bidang SDM 2 Sertifikasi Six Sigma serta Master Trainer dari ILO untuk project Pengembangan Kerjasama antara Perusahaan dan Manajemen (Empoyee and Management Cooperation). Certified Professional Coach dan Executive Coach ASCTH ICF (Internal Coach Federation).

Saat ini banyak memberikan training dan workshop baik kelas public maupun in-house yang berkaitan dengan pengembangan sistim manajemen sumber daya manusia, kepemimpinan, pengembangan organisasi serta konsultasi di bidang yang sama.

Dengan pengalaman kurang lebih 20 tahun sebagai praktisi di bidang pengembangan sumber daya manusia, kepemimpinan dan organisasi di berbagai perusahaan multinasional asing seperti Mercedez Benz Group, Alstom, Samsung, DuPont dan FMC dengan posisi terakhir sebagai Senior HR Manager / Operating Committee Member pada sebuah perusahaan MNC dari Amerika Serikat.

Klien yang sudah pernah dibantu dalam pelatihan pengembangan management dan karyawan, antara lain: Pertamina Huu Energi, Astra Oto Part, BRI Syariah, Samsung Electronics, Pertamina Retail, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Akzo Nobel, Showa Indonesia, LG Electronics, Pertamina Pusat, Panasonic Display Devices, Mulia Group, Infomedia Nusantara, Bakrie Telecom, Wijaya Karya, Citra Turbindo, Rumah Zakat Indonesia, Bosowa Group, Berca Hardaya Perkasa, Direktorat Pengairan DPU, Krama Yudha, Honda Astra Motor, PGN Solution, Indonesia Power, Auto 2000, Telkom Tbk Indonesia Power, Frisian Flag Indonesia, Pfizer Indonesia, PLN Pusat, Bank Indonesia dan Kementrian Keuangan, dll

Daftar Lengkap, klik di bawah ini:

Jadwal & Biaya

Rp 7.15jt - Group
Rp 7.95jt - Early Bird
Rp 8.45jt - Full Fare

*Harga belum termasuk pajak

Kelas ini akan dijalankan bila minimal ada 2 peserta yang mendaftar.

calendar_month 18-20 Jul 2024
schedule 09.00 - 17:00
location_on Kuretakeso Hotel - Kemang / Best Western Premier - Cawang / The Aryaduta Hotel Semanggi

*Untuk pelatihan inclass, hotel masih tentative

Fasilitas Training

Jadwal & Biaya

*Harga Tidak Termasuk Pajak

(Belum Ada Jadwal)
09:00 - 17:00
*Harga Tidak Termasuk Pajak

(Belum Ada Jadwal)
09:00 - 17:00
*Harga Tidak Termasuk Pajak

(Belum Ada Jadwal)
09:00 - 17:00
*Harga Tidak Termasuk Pajak

(Belum Ada Jadwal)
09:00 - 17:00

*Hotel masih tentative

Fasilitas Training
× Ada yang bisa dibantu? Available from 06:00 to 23:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday