Online Training : Kode Etika Kita, Tanggung Jawab Kita

Deskripsi

Kode etik pada sebuah perusahaan adalah hal yang sangat penting untuk melakukan bisnis secara benar. Tidak ada pekerjaan yang lebih penting daripada memastikan apa yang pekerja lakukan sudah benar. Dengan demikian, tidak ada celah bagi perusahaan untuk melanggar semua ketentuan yang berlaku dalam berbisnis.

Hal yang harus diperhatikan dalam kode etik adalah harus pendek dan sederhana, namun tidak mengurangi makna pentingnya. Penyebabnya, pekerja mesti fokus pada prinsip – prinsip yang terpenting dan harapan – harapan perusahaan, dibandingkan harus memahami aturan – aturan perusahaan secara detail.

Semua pekerja harus mampu membuat keputusan yang tepat saat menghadapi situasi yang sulit dalam pekerjaannya. Keputusan itu akan bisa dipandu oleh petunjuk – petunjuk kode etik yang jelas di perusahaan. Jangan pernah pekerja merasa sendirian saat merasa tidak pasti untuk mengambil keputusan. Petunjuk – petunjuk kode etik bisa diperoleh dari pimpinan pekerja atau sumber – sumber lain dalam internal perusahaan. Pekerja harus didorong untuk bisa berbicara dengan benar (speak up) saat melihat perilaku yang merusak kode etik di perusahaan.

Nilai (values) dan perilaku (behaviours) perusahaan adalah landasan dari kode etik. Kedua hal tersebut mengajarkan kepada setiap pekerja untuk bisa meraih kepercayaan  demi keberhasilan perusahaan. Kode etik menjadi panduan agar pekerja bisa menjalankan nilai – nilai yang benar saat bekerja setiap harinya.

 

Durasi training 2,5 jam

  • 9:30 – 12:00 wib atau
  • 13:00 – 15:30 wib

Alief Bactiar

Latar belakang pendidikan Sarjana Kimia dari Universitas Brawijaya – Malang. Organisasi profesional yang diikuti sebagai Member of Royal Society Chemistry – United Kingdom. Pemegang Sertifikat  Ahli Kesehatan & Keselamatan Kerja – Depnakertrans RI. Telah memiliki pengalaman mengelola operasional Laboratorium batu bara & gas alam cair (LNG : Liquefied Natural Gas) selama lebih 15 tahun termasuk mengajar Kimia di Perguruan Tinggi Negeri. Saat ini, bekerja di sebuah perusahaan Minyak & Gas dari Inggris, BP Indonesia sebagai Kepala Laboratorium BP Tangguh LNG. Sebelumnya, pernah bekerja pada Laboratorium Badak LNG, Pertamina di Bontang – Indonesia & Laboratorium  Snohvit LNG, milik perusahaan Minyak & Gas Norwegia, Statoil di Hammerfest – Norwegia.

Close Menu
WhatsApp chat