Training Root Cause Analysis (RCA)

Training Root Cause Analysis (RCA)

Deskripsi

Ada banyak metode yang ditawarkan untuk penyelesaian masalah atau biasa disebut problem solving method. Masing-masing metode memiliki ciri khas serta keunikan tersendiri. Root Cause Analysis (RCA) adalah salah satu metode penyelesaian masalah yang dikembangkan dengan ciri yang sangat kuat, yaitu pada area Genba (real place), Genbutsu (real things) dan Genjitsu (real fact).

Setiap pimpinan kerja adalah orang pertama yang harus menggunakan metode tersebut untuk membantu meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Tolak ukur penggunaan root cause analysis ini adalah dua hal. Pertama, efektvitas: masalah yang ditanggulangi dapat diselesaikan dengan tuntas sampai ke akarnya, sehingga tidak muncul kembali atau dicegah agar tidak mengalir ke proses berikutnya. Kedua, efesiensi: dapat dilakukan dengan cepat tetapi tetap mengutamakan proses, dan analisa sesuai dengan kasus yang dihadapi.

 

Setelah mengikuti Pelatihan Root Cause Analysis (RCA) ini, peserta diharapkan memiliki pengetahuan untuk:

  • Memahami prinsip dan konsep RCA
  • Mampu menggunakan metode Uji Korelasi dengan menggunakan “Genba”
  • Mampu mengembangkan metode RCA di tempat kerja
  • Membantu anggota untuk menyelesaikan

Pelatihan Root Cause Analysis (RCA) ini ditujukan untuk para:

Supervisor, Pemimpin

Pelatihan Root Cause Analysis (RCA) dilaksanakan dengan metode:

Ceramah, diskusi, simulasi dan latihan

Toggle Content

Selamat Walmanto Hia, MSc.Eng.,SSMBB.,CLA

Pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai praktisi dan konsultan dalam bidang proses improvement di perusahaan nasional maupun multinasional. Lulus dari teknik mesin UI dan Master of Engineering dari NTUST Taiwan. Mendapatkan sertifikasi Six Sigma Master Black Belt dari IQF-USA, Certified Lead Auditor IRCA-UK, Certified BSCM dari APICS-USA.

Ia telah membantu berbagai perusahaan dalam menerapkan improvement baik dalam konsultasi dan mendeliver berbagai topik training di bidang proses improvement dan management system. Beberapa clien yang telah dibantu dari berbagai jenis industri seperti Electronic, automotif, FMCG, pharmaceutical, cigaret paper, fertilizer, mining, banking, construction, university.

Close Menu
WhatsApp chat