House-Keeping2

Housekeeping Training

Pelatihan Housekeeping Training adalah pelatihan yang akan membahas mengenai  bagaimana memahami peran housekeeping management dalam perusahaan, memahami konsep 5S, workplace organisation. Bagaimana melakukan implementasi 5S pada work station hingga tahap evaluasi.

Deskripsi

Housekeeping merupakan bagian dari departemen yang bertanggung jawab dalam mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, kenyamanan, memperbaiki kerusakan, dekorasi lingkungan kerja dengan tujuan agar lingkungan kerja tersebut tampak rapi, bersih, menarik, menyenangkan bagi penghuninya. Secara umum, fungsi housekeeping management yaitu melakukan perencanaan (planning), organizing, staffing, leading and controlling yang harus diterapkan secara konsisten. Tujuan utama yang harus dicapai dengan adanya housekeeping management yaitu menciptakan lingkungan kerja, budaya kerja yang baik sehingga kinerja karyawan dapat optimal. Salah satu teknik yang dapat diterapkan guna menciptakan budaya kerja yang baik yaitu konsep 5S. 5S atau Seiri/Ringkas, Seiton/Rapi, Seiso/Resik, Seikutse/Rawat & Shitsuke/Rajin merupakan konsep pengorganisasian lingkungan tempat kerja menjadi tertata rapi, terstruktur, tervisualisasi. Pelatihan
Housekeeping Training ini dirancang untuk shop floor staff, seperti operator, line leaders, pengawas serta teknisi; ataupun staff management dimana melalui pelatihan
Housekeeping Training peserta akan dibekali dengan pengetahuan, ketrampilan yang diperlukan dalam mengimplementasikan konsep 5S.
(Housekeeping Training)

Setelah mengikuti Housekeeping Training ini peserta diharapkan akan mampu untuk :

  1. Memahami peran housekeeping management dalam perusahaan.
    (Housekeeping Training)
  2. Memahami konsep 5S,  workplace organisation.
    (Housekeeping Training)
  3. Melakukan implementasi 5S pada work station hingga tahap evaluasi.
    (Housekeeping Training)
  • Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Semua Anggota P2K3
  • Semua jajaran Manajer dan Supervisor Perusahaan mulai dari Bagian Produksi, Pemeliharaan, Engineering, Analis, Personalia, Pelatihan dan Pengembangan sampai dengan Sekuriti
  • Semua karyawan yang terkait dan diharapkan dapat membantu melakukan implementasi SMK3

Housekeeping Training ini menggunakan sistem pembelajaran dan metode pengajaran dalam bentuk ceramah serta metode interaktif yaitu workshop dan studi kasus, dimana peserta dikenalkan kepada konsep,berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan studi kasus untuk mencari solusi yang terbaik.

Materi Housekeeping Training yang akan dibahas adalah

  1. Konsep dan Fungsi Housekeeping Management
  2. Perspektif & Konsep 5S/5R
  3. Keamanan
  4. Tempat Kerja yang Rapi
  5. Efisiensi
  6. Penerapan, Pengukuran Kinerja & EValuasi  5S/5R
  7. Impelementasi dan beberapa contoh perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan 5S.

Linda Saraswati, ST, MM

Berpengalaman 13 tahun dalam bidang Food Safety, Quality & HSE Management System di berbagai Industri baik  Food & Bevarage, Manufacturing, Consultancy Services serta Oil & Gas seperti Garuda Food, Surveyor Indonesia, Keramik Diamond Industries, Imeco Inter Sarana, EJJV Engineering Indonesia dan Oilfield Petroleum Inspection.

Chemical Engineer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Magister Manajemen, telah mendapatkan sertifikasi Lead Assessor dari IRCA (Internation Registered Certified Auditor).

Aktif memberikan training dan konsultasi di bidang Sistem Manajemen Keselamatan Pangan ISO 22000, & HACCP, Sistem Manajemen QHSE (ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO TS 16469, ISO TS 29001), CSMS Oil & Gas, Environmental (Waste Management),  Auditing Skill,  Productivity & Human Resource Development di berbagai perusahaan baik secara in house ataupun public.

Similar Posts:

Bagikan Outline :
Close Menu