Supply Chain Management for Best Operation

Deskripsi

Supply chain management (SCM) adalah pengelolaan arus barang, termasuk pergerakannya dan penyimpanan bahan baku sebagai persediaan barang dalam proses, serta barang jadi dari titik asal sampai ke titik konsumsi, yang merupakan saluran bisnis dalam penyediaan produk dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen akhir dalam mata rantai pasokan.

Manajemen mata rantai suplai sebagai suatu perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pemantauan kegiatan rantai pasokan dengan tujuan untuk menciptakan pendapatan bersih, membangun infrastruktur yang kompetitif, meningkatkan fungsi logistik, sinkronisasi pasokan dengan permintaan dan mengukur kinerja secara global.

 

Supply chain management adalah suatu fungsi lintas sektoral yang meliputi pengelolaan pergerakan material mentah sampai kedalam sebuah organisasi untuk melakukan proses produksi, termasuk aspek-aspek tertentu dari internal untuk pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, dan pergerakan barang jadi keluar organisasi dan menuju konsumen akhir, dimana kegiatan tersebut berfokus pada kompetensi inti dan mengurangi proses yang tidak diperlukan dalam distribusi, dimana fungsi yang tidak dapat dilakukan oleh internal akan dilakukan outsourcing ke perusahaan lain yang dapat melakukan aktivitas yang lebih baik atau untuk mencapai biaya yang efektif, untuk meningkatkan jumlah organisasi yang terlibat dalam memenuhi permintaan pelanggan, namun mengurangi kontrol manajerial operasi logistik sehari-hari dengan tujuan meningkatkan kepercayaan dan kolaborasi di antara mitra dalam mata rantai suplai, sehingga meningkatkan visibilitas persediaan dan kecepatan pergerakan persediaan.

  1. Dapat membentuk dan menentukan konfigurasi jaringan distribusi
  2. Menentukan Strategi Distribusi
  3. Melakukan Trade- off dalam kegiatan logistik.
  4. Memberikan Informasi yang terintegrasi
  5. Mengelola persediaan (stock) termasuk bahan baku untuk proses produksi
  6. Mengelola arus kas dalam pembayaran dan metodenya dalam entitas rantai pasokan
  7. Mengelola mata rantai suplai dan melakukan eksekusi yang tepat pada pengelolaan dan koordinasi pergerakan material, informasi dana yang tersedia pada seluruh kegiatan rantai pasokan.
  1. Pengertian Supply Chain Management
  2. Perencanaan produksi dan pengelolaan logistik
  3. Kaitan antara Supply Chain dengan Selling Product
  4. Vendor management dan assessment
  5. Faktor yang mempengaruhi Supply Chain
  6. Distribusi dan bisnis proses
  7. Indikator kinerja Supply Chain
  1. Pembahasan Teori yang ditujukan untuk membuat penyegaran (re-freshing);
  2. Sinkronisasi antara Teori dengan kondisi yang terjadi;
  3. Mendiskusikan permasalahan yang terjadi dengan mengimplementasikan teori disertai dengan contoh kasus;
  4. Membuat perencanaan tugas yang efektif dan efisien dengan berlandaskan teori;
  5. Melakukan on-job training di dalam kelas, sebagai suatu simulasi atas contoh permasalahan yang harus diselesaikan
  1. Senior Staff dan Supervisor
  2. General Manager dan Manager
  3. Direktur

Ir. Imanadi

  • Lulus dari ITS Teknik Mesin di tahun 1993
  • Imanadi telah memberikan beberapa topik training in house di beberapa perusahaan nasional dan Multi National Company untuk fokus bisnis: procurement/purchasing, Soft Skill, warehouse & logistic, PPIC dan Quality sejak tahun 2008.
  • Imanadi mempunyai pengalaman selama 15 tahun dalam bidang manufacturing, Warehouse & Inventory Control, Quality Management System, Continuous Improvement Program, Department Improvement Program, Training & People Development di beberapa perusahaan MNC seperti AT&T (USA), Sinoca Electronics (Taiwan) Pirelli Cables (Italia) & Geomed (Jerman).
  • Selain sebagai public speaker/trainer, Imanadi juga merupakan anggota team trainer dari BBMI – Brain Booster Management Indonesia & BFC – Brain Focus Center, sebuah institusi yang fokus dalam pengembangan & peningkatan kinerja otak yang berpusat di Jakarta.
Close Menu
WhatsApp chat