Public Relations Officer (PRO) – Elementary Program

Objective

Pelatihan ini dirancang memenuhi kebutuhan bagi industri/perusahaan yang pasti memerlukan pembentukan citra perusahaan menuju reputasi prima dan handal. Seri pelatihan disiapkan dlam 3 (tiga) jenjang: Bagi Kaderisasi Public Relations Officer (PR0) pemula yang perlu mengikuti program basic; bagi mereka yang sudah ikut serta di divisi Komunikasi/Kehumasan beberapa tahun, tersedia program PRO Intermediate; sedang bagi para seniors dan manajer muda bidang kehumasan tersedia Pelatihan Advance yang diarahkan ke ilmu manajemen Public Relations.

Masing-masing Program diselenggarakan 2 hari dengan melibatkan speakers/trainer ahli dalam bidang khusus. Semua program mendalami studi kasus korporasi/industri perusahaan ternama baik di Indonesia dan dunia.

Public Relations yang di Indonesia disalah kaprahkan sebahgai “humas”, dalam dekade terakhir telah mendapat tempat sebagai Divisi Komunikasi. Melalui pembelajaran akademik dan praktek di lapangan yang benar Kepolisian Republik Indonesia telah memiliki Divisi Komunikasi yang handal; demikian pula PT Garuda Indonesia, flag carrier airline kita, sejak waktu lama telah membuktikan keberhasilan mereka dalam komunikasi publik dan banyak berperan dalam menyelesaikan issue maupun krisis. Sebelum pencapaian  manajemen PR yang prima; pelatihan PR Officer dimulai dengan pelatihan basic (dan didalam setiap Divisi Komunikasi, pasti kita perlukan juga PR Officer pemula) yang dapat meningkatkan kariernya hingga manajer PR atau VP Communication.

  • Konsep Public Relations sebagai bagian Ilmu Komunikasi
  • Verbal & Non Verbal Communication Techniques
  • Internal PR
  • PR Writing: Press Release & Home Journal
  • Organizing a Press Conference
  • Media Relations & Media Monitoring
  • Presentasi interaktif, peserta distimuler untuk memahami melalui tanya-jawab. Setiap peserta diharuskan ikut simulasi. Topik bahasan langsung diaplikasikan dan tiap peserta diberikan perhatian penuh oleh pelatih.

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si. Pelaku manajemen praktis, bekerja 56 tahun di berbagai industri Multi National Companies dan perusahaan nasional terkenal. Sambil bekerja menyelesaikan pendidikan Sarjana FISIP jurusan Adminstrasi Niaga, menyelesaikan Magister Ilmu Komunikasi dengan cum laud ketika berumur 60 tahun. Di undang oleh berbagai perusahaan/instansi pemerintah membagi ilmu dan pengalaman antara lain: Bank Indonesia Jawa Tengah, BPK Jawa Tengah, PELNI, dan beberapa instansi lain. Menjadi Lead Trainer di Value Consult Training & People Development, memberikan pelatihan yang diikuti oleh jajaran pimpinan dan senior maupun junior managers perusahaan BUMN dan Swata. Tiga kali dalam 4 tahun memberikan pelatihan dan simulasi komunikasi dalam Manjemen Krisis untuk perusahaan Fortune 500 yang memiliki 3 pabrik di DKI dan Jawa Barat. Memberikan presentasi sebagai dosen tamu beberapa kali di FISIP Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Univ. BINUS  dan London School of Public Relations. Mantan dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi, Jakarta. Menulis beberapa penelitian kualitatif untuk berbagai Jurnal, termasuk Jurnal LIPI dan On-line Journal Pax Humana (UKSW).

Buku Akademik dan Popular Science yang diterbitkan:

  • Aspek  Ilmu Komunikasi dalam Public Relations (2011),
  • Manajemen Krisis (2011),
  • Manajemen Krisis, Isu, dan Risiko (2018),
  • Manajemen Agar Tidak Stres (2018).
  • Dalam proses editing buku Bunga Rampai Pengembangan Karakter – Acuan bagi Program Pemerintah Meningkatkan Kualitas SDM Bangsa (segera terbit di tahun 2019).

Spesialisasi memberi pelatihan/seminar/workshop dalam Pengetahuan Praktis Ilmiah:  CSR/Community Development, Corporate Branding, Integrated Marketing Communication,  Crisis, Issues and Risks Management, Panic & Stress Management, Conflict Management, Compliance Management, Millenneal Generation Management,  dan facilitator: Business English.

Close Menu
WhatsApp chat