Entrepreneur

Objective

Wira Usaha

Dahulu kewirausahaan dipersepsikan merupakan bakat bawaan sejak lahir dan diasah melalui pengalaman langsung di lapangan. Sekarang ini paradigma tersebut telah bergeser. Kewirausahaan telah menjadi suatu disiplin keilmuan yang mempelajari tentang nilai-nilai (values), kemampuan (ability) dan perilaku (behavior) seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya.

Kewirausahaan dalam kenyataannya dapat dipelajari dan diajarkan, sehingga setiap individu memiliki peluang untuk tampil sebagai seorang wirausahawan (entrepreneur). Bahkan untuk menjadi wirausahawan sukses, memiliki bakat saja tidak cukup, tetapi juga harus memiliki pengetahuan berbagai aspek usaha yang akan ditekuni. Tugas dari wirausaha sangat banyak, antara lain tugas mengambil keputusan, kepemimpinan teknis, kepemimpinan organisatoris dan komersial, penyediaan modal, dll. Melalui pelatihan ini peserta akan dibimbing untuk membangun rasa percaya diri yang kuat, berpikir dengan berorientasi pada tugas, hasil dan masa depan, memunculkan keberanian mengambil resiko, mendidik kematangan dan kepemimpinann dalam usaha, serta menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk atau jasa baru atau yang terkesan baru. Bagi para karyawan, di samping manfaat di atas, pelatihan ini juga akan membantu peserta mengembangkan jiwa intrapreneur yang diyakini dapat meningkatkan karir di dalam perusahaan dan perolehan side income, maupun persiapan usaha menjelang pensiun. Tujuan Pelatihan Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pendalaman kepada peserta untuk memahami konsep kewirausahaan, konsep membangun jiwa dan motivasi berwirausaha, membangun rasa percaya diri yang kuat, strategi memilih usaha dan cara membangun usaha baru, mampu membedakan peran wirausaha dan manajer, meningkatkan kemampuan analisis kelayakan dan resiko usaha, kiat memajukan usaha yang sudah ada, memahami peluang dan tantangan dalam wirausaha, pentingnya etika kewirausahaan, pentingnya jiwa kreatif dan inovatif, serta cara memanfaatkan peluang dari sumberdaya sekitar. 

  • Materi Pelatihan Hari I  

    1. Konsep kewirausahaan
      • Pengertian kewirausahaan
      • Ciri – ciri jiwa wirausaha
      • Sumber kewirausahaan
      • Manfaat dari wirausaha
      • Kompetensi wirausaha
    2. Konsep membangun jiwa dan motivasi berwirausaha
      1. Berbagai macam kepribadian entrepreneur
      2. Pentingnya komitmen pribadi
      3. Teknik membangun kepribadian entrepreneur
      4. Proses berkelanjutan mental kewirausahaan.
    3. Membangun rasa percaya diri dalam kewirausahaan.

    Materi Pelatihan Hari II

    1. Perbedaan Wirausaha dan Manajer.
    2. Strategi memilih usaha dan cara membangun usaha baru,
      • Memulai usaha baru
      • Meneruskan usaha keluarga yang sudah ada,
      • Menjalankan usaha Frenchising,
      • Akuisisi usaha.
    3. Analisis kelayakan dan resiko usaha.
    4. Kiat memajukan usaha yang sudah ada,
      • Mempertahankan kehidupan usaha
    5. Faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausaha.
    6. Memahami peluang dan tantangan dalam wirausaha.
    7. Memahami pentingnya etika kewirausahaan,
      • Sistem nilai yang diyakini entrepreneur,
      • Norma, sopan santun,
      • adat istiadat dalam usaha.
    8. Memahami pentingnya jiwa kreatif dan inovatif,
    9. Memahami cara memanfaatkan peluang dari sumberdaya sekitar.
    10. Simulasi dan Role play.
    1. Menggunakan Metode TSD (Tell – Show – Do) yaitu :
    2. Memberi penjelasan atau menerangkan materi (lecturing).
    3. Memberi Contoh atas materi yang telah diterangkan

    Selanjutnya meminta setiap peserta baik secara perorangan maupun grup melakukan Latihan dan Mempraktekkan keterampilan yang telah diajarkan, yang antara lain :  

    • Mencari ide dan membuat konsep Wirausaha
    • Membuat rencana Bisnis Sederhana
    • Presenatsi dan diskusi
  • Menambah, meningkatkan dan memberi ketrampilan sebagai wira usaha yang sukses, mengetahui bagaimana cara merencanakan usaha dan membangun team yang tangguh.
  • Masyarakat dan yang ingin memulai usaha, mempersiapkan mental dan kemampuan kewirausahaan, serta yang ingin meningkatkan kesuksesan usaha. • Karyawan/staff serta personil lainnya dalam perusahaan yang ingin mempersiapkan mental dan kemampuan kewirausahaan.

Anwar Haliyanto, MM.

Anwar Haliyanto,  salah satu lulusan terbaik dari Prasetya Mulya Business School dengan menyandang Magister Management, yang banyak mempelajari dan mendalami kebijakan strategis perusahaan dalam usahanya untuk terus bertumbuh melalui sumberdaya manusia yang lebih unggul, membuat Anwar banyak terlibat dalam pengembangan sumber daya manusia. Anwar Haliyanto juga alumni Henley University London dibidang management keuangan Perusahaan Kesehatan dan Farmasi, Anwar Haliyanto juga sudah menyelesaikan International Management Program dalam Diabetes Disease Management di Darmstad Germany, Woman’s Health Care Seoul dan Fresenius Advance Nutrition Course Hong Kong.

Posisi  terakhir nya sebagai Direktur Marketing di salah satu perusahaan Multinasional memberikan banyak pengalaman dalam menyususn strategy maupun implementasi dalam mencapai target perusahaan, ditambah lagi pengalaman di lapangan sebagai Sales Manager, Produk Manager dan Marketing Manager, membuat Anwar Haliyanto mampu berkomunikasi kepada semua lapisan di dalam perusahaan.

Marketing Reasearch adalah salah satu bidang yang selalu menjadi fokus perhatiannya semanjak di posisi Manajer sampai menduduki jajaran direksi karena hal ini merupakan kunci sukses strategy perusahaan

Sejak TH 2010 Anwar Haliyanto, MM memutuskan untuk memulai karirnya sebagai Independent Coach dan Trainer, dengan banyak memberikan pelatihan Marketing, Sales Manegement dan Product Development.

Close Menu
WhatsApp chat